Mohon tunggu...
Indiana Meidyanti
Indiana Meidyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswi Undip yang tergabung dalam KKN Tim II Undip, menjalankan KKN di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tim II KKN Undip Ajak Ibu PKK RW 013 untuk Mengenal Lebih Jauh Pentingnya Mengasah Public Speaking bagi Perangkat Desa

11 Agustus 2022   09:34 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:38 43 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengasinan, Bekasi (11/08) -- Kegiatan Pelatihan dan Edukasi Pentingnya Public Speaking kepada Perangkat Desa RW 013 telah berhasil diselenggarakan secara langsung pada hari Kamis, 4 Agustus 2022, di Gedung Sekretariat Bersama RW 013. Kegiatan Pelatihan ini merupakan salah satu program Monodisiplin dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022. Kegiatan Pelatihan dan Edukasi Pentingnya Public Speaking ini diikuti oleh 18 peserta yang tergabung di kepengurusan RW 013 dan PKK RW 013.

Seperti yang kita ketahui, tugas pokok dan fungsi dari perangkat desa tidak hanya membina kehidupan masyarakat desa atau melaksanakan kegiatan untuk mengasah kemampuan masyarakatnya, namun sebagian besar kegiatan perangkat desa berhubungan langsung dengan masyarakatnya. Maka dari itu, sangat penting bagi perangkat desa untuk mengasah kemampuan Public Speaking atau berbicara di depan publik. Selain itu, kegiatan berbicara di depan publik juga menjadi salah satu kunci kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan Pelatihan ini dirancang oleh Indiana Meidyanti selaku penyaji materi dan pemandu acara, berhajat untuk meningkatkan kemampuan ibu-ibu kepengurusan PKK RW 013 dalam hal melakukan kegiatan komunikasi lisan di muka umum atau di hadapan sekelompok orang. Bersamaan dengan hal tersebut, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dari mahasiswa kepada perangkat desa agar lebih mahir dalam berkomunikasi dengan publik atau masyarakat.

Materi yang disajikan dalam kegiatan pelatihan ini antara lain mengenai pengertian dari Public Speaking disertai tujuan dan manfaat, teknis dasar Public Speaking, serta cara menghilangkan rasa takut dalam berkomunikasi di depan publik. Kegiatan pelatihan ini berlangsung kurang lebih selama 1 jam, yang sudah termasuk agenda praktik untuk para peserta. Rangkaian acara praktik Public Speaking disambut dengan antusias oleh para peserta karena di saat pelatihan ini dilaksanakan, sebagian dari peserta ingin menyampaikan informasi mengenai kepengurusan PKK RW 013 dengan menerapkan materi teknis dasar Public Speaking yang sudah disampaikan saat pelatihan berlangsung.

Pelatihan Public Speaking ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari salah satu peserta, yaitu Ibu Andi yang menjabat sebagai Sekretaris PKK RW 013, "Kegiatan yang diadakan oleh Mba Indi sangat bermanfaat bagi ibu-ibu RW 013. Semoga kedepannya ilmu yang disampaikan oleh Mba Indi dapat bermanfaat dan dapat dipraktikkan di kehidupan sehari-hari kita semua", ujar Ibu Andi.

Mahasiswa: Indiana Meidyanti
DPL: Nissa Kusariana, S.KM., M.Kes.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan