Mohon tunggu...
Indi Ainumillah
Indi Ainumillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Bismillah, with the permission of Allah and the blessing of parents!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

What Are The Factors That Influence Early Chilhold Development?

22 September 2021   16:48 Diperbarui: 22 September 2021   17:41 47 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
What Are The Factors That Influence Early Chilhold Development?
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini atau (PIAUD), kita harus memiliki pemahaman yang baik tentang perkembangan emosi dan sosial anak usia dini, karena sebagai calon guru, kita harus dapat memahami proses belajar anak dengan beradaptasi dengan situasi dan kondisi. perasaan interaksi Dengan anak-anak, orang lain. Orang tua, saudara, dan teman sebaya dalam kehidupan sehari-hari.   

Pertama-tama, saya ingin bertanya bagaimana perkembangan sosial dan emosional anak? Perkembangan sosial emosional adalah kepekaan atau kemampuan seseorang untuk merespon situasi agar dapat memahami perasaan orang lain ketika berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat interaksi antara anak dengan orang lain, mulai dari orang tua, saudara kandung, teman bermain hingga masyarakat luas. Masyarakat emosional hanya dapat dikendalikan oleh anak itu sendiri.Sebagai guru atau orang tua, kita hanya dapat mempromosikan atau mengimbangi perkembangan anak dari satu tahap ke tahap lainnya.

Perkembangan sosial dan emosional anak dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap belajar, tahap tumbuh kembang, dan tahap dewasa atau tahap kedewasaan.

1. Perkembangan sosial dan emosional yang berkaitan dengan pembelajaran. 

Perkembangan keterampilan sosial dimulai sejak usia sangat muda dan meliputi tiga tahap, yaitu: belajar atau belajar, perkembangan fungsi motorik dan perkembangan emosi.

2. Perkembangan emosi sosial berkaitan dengan pembentukan moral.

Belajar mengajar anak-anak semacam moralitas yang berkembang pada anak-anak, dan menghormati kemampuan anak-anak untuk membedakan yang benar dan yang salah. 

3. Perkembangan sosial emosional berkaitan dengan kedewasaan atau kedewasaan. 

Persiapan sosial dan emosional anak merupakan faktor penting dalam keberhasilan perkembangan anak prasekolah, keberhasilan mereka di tahun-tahun awal sekolah (kelas satu dan dua), dan keberhasilan anak di masa depan.

Tumbuh kembang anak usia dini akan berpengaruh pada masa berikutnya yaitu terwujudnya kematangan hubungan sosial, karena masa ini merupakan masa keemasan anak maka orang tua dan guru harus mampu menyeimbangkan perkembangan anak pada semua tahapan. 

Setelah membahas ketiga tahap perkembangan sosial dan emosional anak, mari kita bahas faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan