Mohon tunggu...
Indi Diana Fakhriya
Indi Diana Fakhriya Mohon Tunggu... Halo, saya mahasiswa!
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Lets do it!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Hormon Penting untuk Pertahanan Hidup Manusia

28 Februari 2021   22:38 Diperbarui: 1 Maret 2021   00:41 113 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Hormon Penting untuk Pertahanan Hidup Manusia
suara.com

Sering kali kita mendengar kata 'hormon' terutama dalam dunia kesehatan. Banyak yang mengatakan hormon mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia. Juga banyak yang mengatakan bahwa semua yang ada pada diri manusia adalah pembentukan dari hormon. Sebenarnya, apa itu hormon? Benarkah hormon memiliki peran yang begitu besar dalam kehidupan manusia?

Pernahkah anda melihat seseorang dengan postur tubuh yang kurang normal, seseorang yang memiliki gangguan menstruasi, seseorang yang memiliki penyakit kencing manis, gondok, dan lain sebagainya. Tahukah anda sebenarnya penyakit- penyakit tersebut disebabkan oleh gangguan hormon? Nah dengan begitu hormon memang memiliki peran penting untuk manusia beratahan hidup.

Tubuh manusia memiliki bermacam- macam hormon yang memiliki fungsi masing- masing. Setiap hormon harus memiliki jumlah yang seimbang dan tidak boleh berlebihan, karena akan membawa efek buruk pada tubuh. Sebelum mengenal 10 hormon penting pada tubuh manusia, mari kenali pengertian hormon dan fungsi hormon. Simak penjelasannya!

Pengertian Hormon

Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh sistem endokrin dalam tubuh dan berfungsi untuk membantu mengendalikan hampir semua fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, hingga kerja berbagai sistem organ, termasuk organ reproduksi. Hormon dihasilkan dibagian otak dan di luar otak (pankreas, kelenjar tiroid, adrenal, dan organ reproduksi). Organ- organ tersebut menghasilkan hormon yang kemudian masuk ke aliran darah dan di bawa ke organ tempat di mana hormon tersebut bekerja.

Macam-macam Hormon dan Fungsinya

Tubuh manusia memproduksi banyak dan bermacam- macam hormon. Tetapi, terdapat beberapa hormon yang berperan langsung untuk kelangsungan hidup manusia. Mari kita kupas bersama hormon penting tersebut.

1. Hormon Insulin

Hormon insulin adalah hormon yang diproduksi pada bagian pankreas. Hormon ini berfungsi untuk pengambilan glukosa, glikogenesis, dan glikolisis di hati dan otot dari darah. Adanya hormon insulin membuat sel-sel tubuh manusia menggunakan gula sebagai bahan energi utama. Ketika tubuh tidak menggunakan gula sebagai bahan energi utama, maka tubuh akan menggunakan asam lemak sebagai alternatif lain. Jika tubuh menggunakan asam lemak maka akan meningkatkan pelepasan badan keton yang bersifat asam hingga menyebabkan kondisi asidosis. Asidosis dapat menurunkan sistem kerja otak dan bisa menyebabkan koma hingga kematian.

Segala sesuatu memang harus seimbang, tidak berlebihan juga tidak kekurangan. Jika kelebihan hormon insulin akan menyebabkan gula darah sangat rendah, berkeringat, gemetaran, hingga rasa cemas. Tetapi kekurangan pun juga tidak baik, dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan diabetes mellitus.

2. Hormon Paratiroid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x