Mohon tunggu...
Rachmad Yuliadi Nasir
Rachmad Yuliadi Nasir Mohon Tunggu... Jurnalis Independent

Rachmad Yuliadi Nasir, Jurnalis Independent, WA 0888.7211.300 Sang Traveller Twitter:@rachmadyuliadi, Email: puspiatur@gmail.com, FB/tragedi.gurita dan FB/puspiatur.aceh

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Zikir dalam Kehidupan Sehari-hari

22 November 2017   11:28 Diperbarui: 22 November 2017   12:09 1215 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Zikir dalam Kehidupan Sehari-hari
Zikir Bersama di Masjid Baiturrahman Banda Aceh

JAKARTA-Independent, Dalam hidup ini kita dituntut untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Terlebih lagi bagi rakyat Aceh yang telah diberi keselamatan oleh Allah SWT atas musibah gempa bumi dan tsunami pada 26 Desember 2004.

Sekarang di kota Banda Aceh telah bermunculan kelompok-kelompok Zikir yang rutin diadakan. Kelompok ini biasa melaksanakan Zikir di masjid raya Baiturrahman Banda Aceh pada malam senin, malam selasa, malam Jumat. Ada juga Zikir yang rutin setiap awal bulan dan lain sebagainya.

Para penggagas Zikir ini patut kita syukuri karena Mereka telah mengajak orang lain untuk selalu mengingat Allah SWT.  Dalam surat Ar-Rahman surat ke-57 dalam kitab suci Alquran maka Kita disuruh untuk bersyukur dan jangan mendustakan nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"  Setiap kali Allah SWT memaparkan kenikmatan yang diberikan kepada setiap makhluk, Allah selalu bertanya dengan kalimat tersebut. Hal ini diulangi oleh Allah SWT sebanyak 31 kali dalam satu surat tersebut.

Setitik nikmat yang kita syukuri akan mengundang nikmat berikutnya. Setitik nikmat yang kita syukuri akan mengundang berkah berikutnya. Setitik nikmat yang kita syukuri akan mengundang Rahmat-Nya.  

Seperti yang terdapat dalam surat Ibrahim ayat 7 bahwa, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Bagi pemerintah kota Banda Aceh juga mengelar Zikir rutin setiap malam Sabtu. Saat ini pelaksanaan Zikir difokuskan di Pendopo Walikota karena Pemko belum memiliki bangunan yang representatif. Direncanakan pada tahun 2018  pemerintah kota Banda Aceh akan membangun lokasi Zikir yang khusus bisa menampung 20.000 jamaah Zikir.

Zikir di pendopo Walikota Banda Aceh
Zikir di pendopo Walikota Banda Aceh
Hal ini bertujuan untuk menjadikan Banda Aceh sebagai kota Zikir untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, menambah ilmu agama serta mempererat tali silaturahmi.

Masyarakat diseputaran kota Banda Aceh bila ingin mengadakan Zikir bersama pemerintah kota Banda Aceh maka bisa kerjasama dengan Pemko Banda Aceh dan nantinya pelaksanaan Zikir bisa dilaksanakan di masjid-masjid atau dilapangan terbuka yang bisa dihadiri oleh masyarakat ramai.

Ada banyak nikmat yang  Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan kepada hamba-hambaNya. Sehingga  bila kita cermati, dalam 24 jam tersebut tak lepas dari nikmat pemberian Allah. Namun sudahkah kita coba merenungkan atas nikmat yang telah diberikan tersebut.

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Qs. An Nahl: 18)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN