Membaca merupakan salah satu keterampilan yang paling penting yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan membaca bagi siswa dipandang sebagai penentu keberhasilannya dalam menjalani aktivitas belajarnya selama disekolah. Kemampuan membaca yang dimiliki siswa akan berpengaruh besar pada keberhasilannya dalam pembelajaran; begitupun sebaliknya jika kemampuan membacanya buruk, maka akan menjadi faktor penghambat pula dalam keberhasilan pendidikannya di sekolah.Â
Salah satu faktor pendukung pendidikan anak adalah APE (Alat Permainan Edukatif). APE Kebal terdiri at Alat ini adalah satu sarana dalam mempermudah anak untuk belajar. Media yang dirancang dan dikembangkan oleh mahasiswi Universitas 17 Agustsus 1945 Surabaya ini adalah APE KEBAL. APE KEBAL ini adalah media pembelajaran sederhana dengan bahan dasar kardus dan kertas origami berwarna. Media Kebal digunakan sebagai sarana bermain yang mengandung nilai-nilai Pendidikan (edukatif) dan juga dapat mengembangkan kemampuan membaca siswa.Â
Media APE KEBAL membuat anak menjadi lebih menikmati suasana pembelajaran yang diselipkan dalam permainan sehingga anak tidak mudah bosan dan juga pelajaran akan lebih mudah dipahami dan dicerna oleh anak. Pembelajaran juga menjadi lebih bermakna dan menyenangkan sehingga membuat anak bersemangat dalam proses belajar. Melalui program KKN ini, Inda Wulandari Mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya  memberikan bimbingan belajar menggunakan alat permainan edukatif pada siswa di SDN Mojo VI/22 Surabaya. Sasaran dalam program ini adalah siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam membaca khusunya dalam mengenal huruf. Dengan bimbingan Ibu Isrida Yul Arifiana., M,Si., Psikolog selaku DPL (Dosen Pendamping Lapangan) program ini dapat terlaksana dengan baik. Dalam pelaksanannya penulis menerapkan media alat permainan edukatif pada siswa yang mengikuti bimbingan belajar selama 1 kali dalam seminggu selama 2 bulan (21 April 2022-18 Juni 2022) pada hari Selasa, Jumat dan Sabtu
Pada penerapannya anak-anak sangat menyukai penggunaan APE KEBAL. Diharapkan APE yang dibuat sebagai bagian dari proses pembelajaran ini dapat membantu guru atau pengajar dalam mengatasi adanya ketidaksamaan pengalaman anak dalam pembelajaran terutama pada aspek membaca.