Mohon tunggu...
Indar Cahyanto
Indar Cahyanto Mohon Tunggu... Guru - Belajar

Belajarlah untuk bergerak dan berkemajuan

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Menilik Visi dan Misi Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden

15 November 2023   23:05 Diperbarui: 15 November 2023   23:05 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Semalam penetapan nomor urut pasangan peserta pemilihan presiden tahun 2024. Ada 3 konstestan yang telah mendapatkan nomor urut pasangan secara urut pasangan dari nomor 1 hingga 3. Kemudian 3 nomor urut tersebut ditetapkan oleh komisi pemilihn umum RI sebagai peserta pemilihan Presiden 2024.

No urut 1 ditetapkan pasangan Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), No urut 2 pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming serta pasangan no urut 3 pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Ditetapkannya no urut pasangan tersebut dapat menentukan jalannya tahapan proses pemilu berikutnya yang ditetapkan oleh KPU.

Masyarakat akan melihat dari ketiga pasangan itu mana yang lebih unggul dalam sisi gagasan narasi ide berupa visi misi jika terpilih nanti. Proses melihat gagasan yang akan diusung dalam membangun pemerintahan 5 tahun yang akan datang dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Membaca visi dan misi calon presiden dan wakil presiden dari ketiga pasangan calon merupakan syarat utama dalam rangka memahami gerak langkah perubahan yang akan dijalaninya nanti. Visi dan misi merupakan rangkaian gagasan yang akan dijalankan berupa program dan kebijakan pembangunan yang berkelanjutan nantinya.

Misi Anies-Cak Imin Pasangan Anies-Cak Imin memiliki misi yang mereka sebut sebagai "8 jalan perubahan". Misi tersebut diuraikan dalam bentuk agenda dan program berikut: 

Pertama.Memastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok dan Biaya Hidup Murah melalui Kemandirian Pangan, Ketahanan Energi, dan Kedaulatan Air.

Kedua Mengentaskan Kemiskinan dengan Memperluas Kesempatan Berusaha dan Menciptakan Lapangan Kerja, Mewujudkan Upah Berkeadilan, Menjamin Kemajuan Ekonomi Berbasis Kemandirian dan Pemerataan, serta Mendukung Korporasi Indonesia Berhasil di Negeri Sendiri dan Bertumbuh di Kancah Global.

Ketiga Mewujudkan Keadilan Ekologis Berkelanjutan untuk Generasi Mendatang.

Keempat Membangun Kota dan Desa Berbasis Kawasan yang Manusiawi, Ketujuh Berkeadilan dan Saling Memajukan.

Kelima Mewujudkan Manusia Indonesia yang Sehat, Cerdas, Produktif, Berakhlak, serta Berbudaya.

Keenam Mewujudkan Keluarga Indonesia yang Sejahtera dan Bahagia sebagai Akar Kekuatan Bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun