Mohon tunggu...
Indar Cahyanto
Indar Cahyanto Mohon Tunggu... Guru - Belajar

Seorang yang mau Belajar Bergerak untuk kemajuan diri dan bermanfaar untuk orang banyak. Bukan Guru Pengerak..Tapi Mau bergerak untuk kebaikan...Aktif di MGMP Sejarah Jakarta Pusat dan DKI Jakarta, Bendahara Asosiasi Guru Sejarah DKI Jakarta, APKS PGRI. Sudah menghasilkan 1 buku Solo dan 7 buku seri ontologi.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Pertunjukkan Tari Yospan oleh Siswa-Siswa SMAN 25 Jakarta

26 Januari 2023   19:48 Diperbarui: 26 Januari 2023   19:49 351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash


Hari Estra Kurikuler Seni Tradisional Khususnya dari Peserta Didik yang tergabung dalam Tarian Yosin Pancar asal Papua dipertunjukkan oleh Peserta Didik dari SMAN 25 Jakarta dalam suatu acara pertemuan guru-guru Agama Kristen Se Provinsi DKI Jakarta suatu hal yang istemewa karena di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Ibu Nahdiana.

Diambil dari situs kementrian pendidikan dan kebudayaan Tari Yospan merupakan suatu penggabungan dari dua uunsur tarian rakyat dari Papua, yaitu Yosim dan Pancar. Yosim adalah suatu tarian tua yang mirip poloneis dari dansa Barat dan berasal dari Sarmi, suatu kabupaten di pesisir utara Papua, namun ada juga yang mengatakan bahwa Yosim berasal dari wilayah teluk Saireri (Serui, Waropen). Sedangkan Pancar adalah suatu tarian yang berkembang di Biak Numfor dan Manokwari awal 1960-an semasa zaman Belanda di Papua. Pancar muncul sebagai bentuk kreatifitas masyarakat dalam meniru gerakan-gerakan akrobatik di udara -- seperti gerakan jatuh, jungkir balik dari langit -- dari pesawat tempur jet Neptune buatan Amerika yang dipakai Angkatan Udara Belanda di Irian Barat. Tarian Pancar pada mulaya disebut dengan Pancar Gas yang kemudian disingkat menjadi Pancar. Sejak kelahiran tarian Pancar di awal tahun 1960-an, tarian ini sudah memperkaya gerakannya dari sumber lain, termasuk kreatifitas tarian yang muncul dari alam. Tari Yosim Pancar memiliki dua regu pemain yaitu Regu Musisi dan Penari. Penari Yospan lebih dari satu orang dengan gerakan dasar yang penuh semangat, dinamik dan menarik. Ada 5 (lima) ragam gerak "Tari Yosim Pancar", sebagai berikut:

* Gerak Seka ; (seka biasa, seka limaposisi berputar)
* Gerak Gale-Gale ; (gale-gale biasa dan gale-gale maju mundur)
* Gerak Pacul Tiga ; (Pancar Maneru)
* Gerak Pancar ; pancar pancar biasa/pancar 1X, pancar suntung /pancar 2X-3X, pancar sombong dan pancar cekalang

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/yosim-pancar-yospan/

Kesempatan yang luar biasa diberikan oleh panitia pelaksana dalam menghadirkan tarian Yospan dalam acara guru-guru Kristen Se DKI Jakarta kepada Peserta didik SMAN untuk unjuk kebolehan dalam memainkan tarian Yospan. Karena tarian yospan merupakan suatu ungkapan persahabatan para muda-mudi generasi penerus bangsa. Ungkapan Persahabatan dari pertunjukkan seni Tari Yospan smoga dapat terpatri dalam diri peserta didik SMAN 25 Jakarta dan pesan untuk persahabatan dari siswa SMAN 25 Jakarta untuk Indonesia.

Trimakasih para panitia yang telah memberikan kesempatan kepada siswa-siswa SMAN 25 Jakarta dalam hal ini ketua MGMP Agama Kristen Provinsi DKI Jakarta. Jusron Sihombing, M.Pdk beserta jajarannya. Serta Trimakasih kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang teleh memberikan kesempatan kepada Siswa-siswa SMAN 25 Jakarta

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun