Mohon tunggu...
Indah Tuti
Indah Tuti Mohon Tunggu... Satu kata yang tak hilang adalah tulis

Sejarah itu ada buktinya salah satunya dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS Tetap Efektif di Masa Pandemi COVID-19

16 Juli 2020   22:27 Diperbarui: 19 Juli 2020   13:07 20 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Tetap Efektif di Masa Pandemi COVID-19
img20200703140442-5f13937e097f362d0d0c6196.jpg

Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut KKN adalah suatu hal yang wajib dilakukan bagi mahasiswa semester enam (6) salah satunya di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Ketika suatu kegiatan ini dianggap wajib dan sedang terjadi wabah COVID-19 di seluruh dunia, lalu apa yang bisa dilakukan agar kegiatan ini tetap berjalan efektif??

Yang pertama,cara  yang bisa dilakukan agar kegiatan ini tetap berjalan efektif yaitu dengan cara menjadi relawan di era COVID-19 melalui internet atau secara daring (dalam jaringan) internet . Hal ini dikarenakan mudahnya suatu akses yang dijangkau orang - orang dalam kondisi seperti sekarang ini karena setiap hari membuka handphone. 

Sehingga kesempatan inilah yang dimanfaatkan salah satu mahasiswi KKN UNS yang bernama Indah Tri Widyastuti dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum. menerapkan hal yang serupa yaitu dengan cara membagikan informasi mengenai COVID-19 di kalangan masyarakat luas dengan cara mencari informasi dan di posting di Instagram serta me-repost ulang  berita yang disebarkan dari akun yang beredar di Instagram. 

Selanjutnya, cara efektif dalam KKN ini yaitu dengan menjadi relawan yang terjun langsung di lapangan yaitu dengan menyebarkan booklet yang berisi pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 serta pemberian arahan secara langsung kepada masyarakat di sekitar rumah yaitu di daerah Mojogedang Rt 01/II, Mojogedang, Mojogedang, Karanganyar. 

Hal ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu Kamis, 25 Juni 2020 serta pada Jumat 3 Juli 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Adanya dua cara yang dilakukan sebagai relawan baik secara online maupun terjun langsung ke lapangan agar masyarakat paham untuk mencegah penularan serta penyebaran COVID-19. Sehingga, masyarakat baik secara luas maupun di lingkungan sekitar rumah paham akan pentingnya mencegah penularan serta penyebaran COVID-19.

Kegiatan KKN dengan cara inilah yang dapat dilakukan para mahasiswa agar tetap efektif di masa pandemi. Selain itu, tak dirasa mahasiswa juga menjadi relawan secara tidak langsung.

VIDEO PILIHAN