Mohon tunggu...
Indah Riana
Indah Riana Mohon Tunggu... jomblo fisabilillah

man jadda wa jada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Viral Iringan Musik Jawa di TikTok Berisi Konten Santet

25 Juni 2021   18:22 Diperbarui: 25 Juni 2021   18:43 104 1 0 Mohon Tunggu...

Sedang viral backsound ala iringan musik jawa berisi konten santet di Tik Tok

Tau ga si? Kali ini banyak banget konten-konten yang viral di tik tok diiringi musik jawa. Dibalik semakin banyak konten tik tok yang viral, sadar ga sadar sedikit banyak Tik Tok menjadi ruang kekreatifitasan tangan-tangan masyarakat Indonesia.

Nah, minggu-minggu ini muncul konten-konten viral yang berkaitan dengan ‘santet’ yang masih saja kerap menjadi tradisi budaya beberapa masyarakat Indonesia. santet biasa diberi julukan ‘membunuh tanpa menyentuh’ yang artinya suatu cara atau upaya seseorang untuk melukai atau membunuh seseorang dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu ghaib atau ilmu hitam.

Sayangnya budaya ini bukanlah budaya yang positif dan bukan bermaksud untuk ditiru, melainkan tradisi budaya yang keliru dan perlu diluruskan pada aqidah yang benar.

Video konten di Tik Tok ini berisi 2 kolaborasi satu pemeran ‘pengirim santet’ dan satu lagi sebagai ‘korban’ untuk disantet. Pengirim santet berperan menusukkan boneka dengan benda tajam, boneka tersebut diibaratkan sebagai nyawa korban lalu ketika boneka tersebut ditusuk otomatis korban pun merasakan sakit pada tubuhnya dengan ilmu hitam yang dimiliki si pengirim, walaupun posisi korban jauh dari pengirim seperti halnya beda kota ataupun negara.

Namun santet ini biasanya tidak akan mempan jika mengenai orang yang memiliki iman atau aqidah yang kuat, yang selalu berlindung kepada Tuhan-nya. Maka dari itu, mengetahui ternyata ilmu santet masih kerap kali digunakan masyarakat Indonesia, penting bagi diri kita untuk membentengi diri dengan  perbanyak mendekatkan diri kepada Tuhan kita masing-masing.

Dari konten tersebut terdapat backsound yang begitu khas berupa musik-musik jawa iringan gamelan yang terdengar familiar, biasanya digunakan dalam iringan musik kuda lumping.

Banyak pengguna tik tok yang menggunakan musik tersebut sebagai track sound video santet yang diunggahnya, musik-musik gamelan jawa beberapa kali ini muncul didunia sosial media dengan dipadukan alunan musik yang lebih modern, tidak hanya pada Tik Tok saja musik jawa banyak diminati beragam sosial media lainnya.

Musik-musik jawa dibawakan dalam konten ini, menunjukkan bahwa video yang dibawakan lebih bernilai khas budaya tradisi Indonesia. Khususnya video konten ini berawal viral dari seorang pengguna Tik Tok yang saat ini akunnya bernama ‘Awaa Cantip’ track sound ini berawal dibawakan oleh videonya, kini hingga ribuan orang juga sudah memakai sound track videonya.

Lagu-lagu jawa, bernuansa jawa mudah diterima publik sebab bahasanya menjadi bahasa percakapan sehari-hari, khususnya mereka yang berada diwilayah jawa. Selain itu, menariknya jika di aransemen musiknya bagus, lagunya biasa mudah untuk dibawakan dan enak didengar.

Itulah mengapa musik jawa seringkali menjadi ciri khas Indonesia

VIDEO PILIHAN