Mohon tunggu...
Kesehatan

Bahan-bahan Makanan yang Bisa Membantu Mengatasi Badan Pegal-pegal

12 Juli 2016   13:39 Diperbarui: 12 Juli 2016   14:23 91 0 0 Mohon Tunggu...

Minggu lalu, minggu-minggu dimana orang-orang melakukan ritual tahunan saat menjelang lebaran yang dinamakan mudik. Mereka berada di kampungnya masing-masing untuk merayakan lebaran bersama sanak saudara dan kerabat mereka di kampung. Untuk siapa saja yang melakukan mudik, baik naik pesawat, kereta atau mobil pastinya saat arus balik bisa membuat anggota tubuh mereka terasa pegal, termasuk pada bahu. Kenapa begitu? Karena saat arus balik, sebelumnya banyak orang telah melakukan banyak kegiatan saat mereka mudik dan berada di kampung mereka. Maka dari itu mengapa saat berangkat mudik kita gak terlalu merasakan kelelahan walaupun menempuh jarak yang jauh menggunakan kendaraan daratan. Beda hal-nya saat pulang mudik, maka rasa pegal pasti tidak terelakan.

Namun, buat kamu yang kadang sudah melakukan pemijatan pada badan dan mengoleskan pada badan dengan minyak-minyakan apa saja tetapi tetap saja merasakan pegal. Maka, mungkin kamu bisa mencoba cara baru dan sederhana. Hanya membutuhkan bahan-bahan makanan yang biasa ada di rumah untuk mengatasi pegal-pegal akibat berkendara saat arus balik Lebaran. 

Berikut cara mengatasi pegal-pegal akibat perjalanan jauh dengan menggunakan beberapa bahan-bahan makanan:

Kunyit 

Kunyit yang seperti kamu tahu merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam memasak. Kunyit tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya bisa membantu mengatasi badan pegal-pegal. Kunyit yang mengandung anti-oksidan dan juga anti-inflmaasi inilah sehingga mampu menyembuhkan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit pada badan yang pegal-pegal terutama bahu. Caranya buatlah kunyit menjadi seperti bubuk-bubuk, lalu kemudian kamu bisa mencampurnya dengan minyak kelapa, lalu usap pada bahu atau bagian yang pegal.

Teh jahe

Jahe juga merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa dijadikan bahan penunjang dalam memasak. Namun tahukah kamu bahwa ternyata jahe selain bisa dijadikan permen juga dapat dibuat teh loh, dan teh jahe ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi nyeri atau pegal-pegal akibat perjalanan jauh. Kegunaan jahe sangat banyak sekali, yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga menyembuhkan rasa sakit/nyeri pada bahu atau badan. Jika kamu takut teh jahe akan terasa sangat masam, kamu bisa menambahkan madu agar rasanya semakin lezat.

Cuka apel

Seperti yang dikutip dari Okezoneuntuk mencegah rasa pegal-pegal pada badan, kamu bisa merendamkan badan kamu di larutan cuka hangat setiap hari. Atau jika kamu tidak berminat melakukan itu, kamu pun masih bisa untuk sekedar meminum air cuka yang ditambahkan madu. Kamu bisa rutin meminumnya 2 kali dalam seminggu agar rasa pegal bisa lebih cepat hilang.

Minyak lavender

Untuk membuat otot-otot badan kamu bisa lebihmenjadi rileks dan mengurangi rasa pegal-pegalnya, kamu bisa menggunakan minyak lavender dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak lavender ke air baik mandi kamu. Selain itu, kamu juga memijat tubuh kamu dengan menggunakan minyak lavender agar dapat membantu mengatasi rasa sakit dan pegal pada badan kamu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x