Mohon tunggu...
Indah AviraMutiara
Indah AviraMutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa Perencanaan Wilayah Dan Kota Univeritas Jember

181910501015

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Tujuan dari Pengembangan Ekonomi Lokal?

5 Desember 2019   07:24 Diperbarui: 5 Desember 2019   07:24 606 0 0 Mohon Tunggu...

Pada salah satu negara juga memiliki suatu permasalahan untuk menanganinya dan menghadapi  sebuah permasalahan kemiskinan juga pengangguran,  juga itu dari masyarakat atau dari daerah atau wilayah itu sendiri. Negara Indonesia yang merupakan negara yang sedang menghadapi bermacam permasalahan kemiskinan. Oleh sebab itu, Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau yang artinya Negara Indonesia memiliki berbagai macam suku budaya, agama, beragam daerahnya.

 Yang dimana untuk pengembangan ekonomi lokal tetapi tidak semuanya maju atau dapat dikatakan berhasil  untuk meningkatkan pendapatan daerah lokal. Maka dari itu perlu adanya suatu upaya untuk pengembangan ekonomi lokal pada suatu daerah atau disuatu wilayah tertentu. Pengembangan ekonomi lokal yaitu merupakan suatu proses yang dapat melibatkan munculnya kelembagaan baru, meningkatkan lapangan pekerjaan, mengidentifikasi pasar, pertumbuhan industri, dan munculnya pembentukan pendirian jenis usaha- usaha baru yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan juga serta pengembangan disuatu perekonomian.

Dengan dilakukannya pengembangan ekonomi lokal guna bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, adanya peluang pekerjaan, peningkatan pendapatan daerah, juga meningkatnya daya saing.  Pengembangan lokal untuk menangani dan menghadapi masalah kemiskinan yang sedang terjadi dapat melalui strategi pengembangan potensi- potensi sumber daya manusia juga sumber daya alamnya guna pengembangan kesempatan atau peluang kerja yang berbasis masyarakat.

  Dengan adanya strategi pengembangan sumber daya masyarakat yang diadakannya sosioalisasi dan juga pelatihan khusus pekerja yang sesuai dengan bidang usahanya,  yang mengutamakan keselamatan bagi para pekerjanya, dan melakukan sasaran untuk pengembangan sumber daya manusianya dengan tepat atau tidak salah sasaran.  Dengan adanya strategi dalam suatu pengembangan ekonomi lokal juga dapat meningkatkan kualitas dari sumber daya manusianya baik itu dalam skil keterampilan maupun keahlian guna untuk penerapan teknologi usaha.

 Yang juga dapat berdampak positif yaitu mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan juga pengangguran pada suatu wilayah atau disuatu daerah dengan membangun usaha yang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah. Pertumbuhan ekonomi daerah yang sangat berkaitan dengan adanya suatu peningkatan produksi barang dan jasa yang dapat untuk diukur dengan besaran dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) juga sebagi salah satu indikator untuk dapat mengetahui suatu kondisi ekonomi pada suatu daerah dalam periode tertentu.

 Pada data PDRB dapat menggambarkan kemampuan daerah pengelola sumber daya pembangunan yang mereka miliki, oleh karena itu untuk besaran dari PDRB dari setiap daerah sangat bermacam- macam sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh daerahnya masing- masing. Pada pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu acuan atau tujuan bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Untuk mengupayakan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak memberikan suatu dampak apabila tidak diikutinya dengan suatu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. 

Dalam pertumbuhan ekonomi juga dipandang sebagai suatu hal yang sangat penting untuk diutamakan pada suatu pembangunan pada setiap daerah demi adanya berputar poros roda perekonomian yang dimana hasil nantinya pada suatu pendapatan tersebut dimaksudkan untuk pembangunan demi masyarakat hidup sejahtera dan makmur.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x