Mohon tunggu...
Indah AviraMutiara
Indah AviraMutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa Perencanaan Wilayah Dan Kota Univeritas Jember

181910501015

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Peran Kelembagaan bagi Suatu Daerah?

4 Desember 2019   10:01 Diperbarui: 4 Desember 2019   10:05 0 1 0 Mohon Tunggu...

Negara kita yang merupakan negara yang sedang marak- maraknya melakukan pembangunan. Dengan pembangunan tersebut tidak lain untuk mensejahterakan dan mencukupi suatu kebutuhan hidup masyarakat dan juga infrastruktur. Kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap negara yang khususnya di negara- negara berkembang seperti Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah sedang banyak melakukan perubahan yaitu pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas hidup.

Kelembagaan juga memiliki peranan yang sangat penting peran kelembagaan juga merupakan salah satu dari unsur yang memiliki peran yang sangat penting bagi suatu pembangunan. Suatu kelembagaan tersebut biasanya muncul dari nilai- nilai, suatu kebiasaan dari dulu, dan cara hidup yang sudah lama hidup dalam suatu komunitas seperti kebiasaan dari gotong- royong dan tolong- menolong. Keberadaan kelembagaan ini memiliki fungsi yang mampu untuk memberikan energi sosial yang merupakan kekuatan internal dari masyarakat untuk menghadapi atau mengatasi suatu masalah. Kelembagaan yang berperan sangat penting untuk mengatur sumber daya dan distribusi untuk itu adanya unsur dari kelembagaan sangat diperlukan guna untuk memperhatikan dan mengupayakan peningkatan potensi guna untuk menunjang suatu pembangunan.

Dalam suatu pembangunan kelembagaan terdiri dari pemerintah, anggota atau suatu komunitas, dan pelaku usaha. Pada salah satu negara yang ekonominya merupakan salah satu tolak ukur tingkat kemakmuran yang butuh untuk memiliki pembangunan infrastruktur. Pasti tidak ada struktur kelembagaan yang unik untuk menjamin pemicu pertumbuhan perekonomian dan untuk meminimalisir angka kemiskinan. Hubungan positif antara suatu pembangunan ekonomi dengan salah satu indikator pembangunan kelembagaan agar sukses atau dapat dikatakan berhasil mulai banyak berkembang.

Dengan adanya pertumbuhan ekonomi salah satu faktornya adalah suatu pembangunan yang dapat dilakukan oleh lembaga- lembaga tertentu yang terkait atau saling berhubungan dalam pembangunan tersebut. Untuk pembangunan dilakukan sebagai adanya upaya untuk peningkatan nilai tambah pendapatan yang dapat diterima oleh suatu daerah yang sangat berpengaruh dalam tingkat kemiskinan disuatu negara atau tidak. Pembangunan daerah dapat menciptakan adanya pertumbuhan ekonomi di daerahnya. Pembangunan daerah perlu juga dilakukan untuk meminimalisirkan angka kemiskinan yang terdapat pada daerah tersebut, baik itu dari masyarakatnya maupun dari daerahnya. Pembangunan daerah ini sangat perlu dilaksanakan atau perlu dilakukan untuk menghindari akan terjadinya ketidakadilan  atau adanya kesenjangan antar daerah.

Dengan adanya kesenjangan daerah yang terjadi dapat mengancam kesatuan dan persatuan pada suatu negara, yang dimana adanya pecah belah antar daerah yang ingin memisahkan diri arau lain sebagainya. Untuk menghindari kejadian atau tragedi tersebut perlu adanya sebuah kelembagaan yang terdiri dari pemerintah, anggota atau komunitas, dan pelaku usaha untuk menyumbangkan atau dapat berkontribusi guna dana investasi rencana pembangunan yang akan dilakukan.

Kelembagaan ini memiliki peran yang sangat penting dalam suatu pembangunan, yang dimana kelembagaan ini dapat mengatur dan merencanakan pembangunan daerah apa yang harus dibangun agar dapat terjadinya pertumbuhan ekonomi pada daerah yang mampu untuk meningkatkan pendapatan daerah dan pendapatan masyarakatnya, sehingga kesejahteraan pada hidup masyarakat di daerah tersebut dapat tercapai atau terwujud sesuai dengan tujuan dari pembangunan daerah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x