Mohon tunggu...
Indah Arum Safitri
Indah Arum Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu -(Ali bin Abi Thalib)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pernah Merasa Insecure? Pahami Tanda-tanda, Penyebab, dan Solusi agar Tidak Insecure Kembali

18 Mei 2021   11:20 Diperbarui: 18 Mei 2021   12:00 60 2 0 Mohon Tunggu...

Hayo.. siapa yang disini masih merasa insecure? Tau nggak sih insecure itu apa? Apakah kita dengan insecure bisa membawa dampak yang positif bagi kita atau bahkan dampak negatif? Yuk simak penjelasan dibawah ini agar kamu tidak insecure lagi ya..

Insecure adalah kecemasan yang membuat orang merasa tidak aman, perasaan tidak mampu dan kurang percaya diri. Akibatnya, orang yang tidak percaya diri mungkin merasa cemburu, selalu bertanya kepada orang lain apa pendapat mereka tentang dirinya, atau hanya mencoba memamerkan kekuatannya. Perasaan insecure atau tidak aman itu normal. Namun, pada beberapa orang, rasa insecure ini tetap ada. Situasi ini mungkin disebabkan oleh pengalaman buruk, pandangan salah atau perfeksionisme.

TANDA-TANDA KALAU KAMU SEDANG INSECURE

  • Rasa mencoba agar orang lain merasa insecure

Biasanya orang yang minder selalu berusaha membuat orang lain atau orang lain merasa minder. Biasanya hal tersebut dicapai oleh pasien dengan selalu menunjukkan bakatnya untuk tampil berseri-seri di hadapan orang lain.

  • Pamer secara terselubung atau dengan maksud tertentu

Orang yang tidak percaya diri sering kali pamer atau menyombongkan diri, tetapi dengan cara yang rendah hati atau suka mengeluh. Misalnya, mereka mengeluh bahwa mereka merasa lelah setelah pergi ke tempat atau negara yang berbeda karena pekerjaan.

  • Membagikan pencapaian mereka setiap saat

Orang yang minder memiliki rasa rendah diri atau rendah diri terhadap orang lain. Rasa rendah diri ini mendorong mereka untuk selalu menceritakan apa yang telah mereka lakukan. Misalnya, mereka dapat berbicara tentang gaya hidup mewah atau pendidikan tinggi. Ini dilakukan untuk meyakinkan orang lain bahwa hidup mereka sempurna.

  • Selalu menyalahkan diri kamu sendiri ketika hal-hal tidak dapat diselesaikan dengan sempurna

Orang yang tidak percaya diri menginginkan pendidikan yang lebih tinggi, pekerjaan terbaik, dan segalanya sempurna. Ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka merasa kecewa dan cenderung menyalahkan diri sendiri.

  • Tidak mempercayai orang lain

Orang yang minder cenderung cemburu berurusan dengan pasangannya, misalnya sering mengintip pesan di ponsel pasangannya. Karena mereka tidak memiliki kepercayaan yang tinggi pada orang lain, mereka sering mengkonfirmasi keaslian informasi dan rentan terhadap keraguan. Hal ini membuat mereka sulit menjalin hubungan baik dengan orang lain. Misalnya, mereka dapat berbicara tentang gaya hidup mewah atau pendidikan tinggi. Ini dilakukan untuk meyakinkan orang lain bahwa hidup mereka sempurna.

PENYEBAB RASA INSECURE

Insecure muncul akibat mengalami suatu pengalaman buruk, memandang negatif pada diri kamu dan rasa ingin segala apapun yang sempurna. Berikut penjelasannya:

a. Mengalami kegagalan atau penolakan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN