Mohon tunggu...
Indah Amalia
Indah Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas PGRI Semarang

Membaca membuka wawasan luas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cara Jaga Kesehatan Tubuh Saat Pandemi Covid-19

17 Juni 2021   12:29 Diperbarui: 17 Juni 2021   13:21 41 2 0 Mohon Tunggu...

Kesehatan tubuh merupakan suatu atset terpenting bagi kehidupan,Mengapa demikian?karena dengan keadaan kesehatan tubuh yang baik seseorang dapat melakukan segala aktifitas kehidupan tanpa adanya penghalang seperti rasa sakit.

Tentunya untuk menjaga
kesehatan perlu dilakukan hal yang sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan asupan yang sesuai dengan tingkatan usia seseorang karena kembali lagi sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik.

Seperti keadaan sekarang dengan adanya pandemi Covid-19 menjadikan setiap seseorang lebih memikirkan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan pencegahan dan cara mengantisipasi agar tidak tertular Virus Covid-19 yang sangat membahayakan bagi kesehatan
tubuh karena Virus Covid menjadikan berbagai dampak negatif bagi tubuh diantaranya gejala awalnya bisa ditandai dengan sesak nafas hingga menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan cepat dari pihak medis.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama Pandemi. Covid-19 berlangsung dan bisa dilakukan secara rutin walaupun dirumah saja, berikut penjabarannya :

1. Berjemur
Saat dirumah saja sempatkanlah untuk keluar rumah pada pagi hari sebelum jam 10 pagi dengan durasi waktu 5-15 menit ,dan dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Olahraga
Lakukanlah olahraga dengan rutin minimal 30 menit,olaharaga tidak harus dilakukan diluar rumah bisa dengan gerakan-gerakan sedehana yang dapat dilakukan didalam rumah,karena dirumah bukan menjadi alasan hanya untuk rebahan dan bermalas-malasan.

3. Minum Air Putih
Tak lupa untuk memenuhi kebutuhan asupan air putih sekiranya 2 liter perhari untuk tetap menjaga kebugaran atau kesehatan tubuh.Karena air putih sangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti menjaga suhu tubuh agar selalu optimal,melancarkan sistem
pencernaan tubuh,menjaga tekanan darah,menjaga asupan oksigen dalam tubuh dan masih banyak manfaat laiinya.

Dengan banyaknya manfaat air putih masih tidak mau meminum nya? Mari bersama membiasakan minum air putih demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

4. Istirahat
Ketika seseorang terlalu sibuk menjalani aktifitas kesehariannya seperti bekerja,sekolah dll menjadikan mereka lupa untuk menyisihkan waktu untuk tidur hal demikian akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh seperti lebih mudah kelelahan dan mengantuk,untuk itu harus lebih
membiasakan memenuhi kebutuhan tidur setidaknya 7-8 jam perhari agar tubuh selalu fit dalam menjalani segala aktifitas dihari-hari berikutnya.

5. Makan makanan sehat
Dengan membiasakan makan makanan sehat dengan rutin disetiap harinya untuk memenuhi gizi yang seimbang dan menghindari makanan junk food akan menjadikan sistem pencernaan dalam tubuh lancar.

6. Mengkonsumsi suplemen
Jika asupan makan dan minum sudah tepat dan sesuai, maka ada satu asupan lagi yang harus dipenuhi atau diperhatikan selama pandemi berlangsung yaitu suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar semacam suplemen Vitamin C yang memiliki manfaat yang
tentunya baik bagi tubuh diantaranya meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko penyakit kronis mengendalikan tekanan darah dan masih banyak manfaat lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN