Mohon tunggu...
Inda Halali
Inda Halali Mohon Tunggu... Pelajar

saya seorang pelajar jurusan Hubungan Internaional di salah satu Universitas di Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UMY Optimalisasi Masyarakat Sehat pada Masa Pandemi Covid-19

23 Februari 2021   18:18 Diperbarui: 23 Februari 2021   18:34 82 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UMY Optimalisasi Masyarakat Sehat pada Masa Pandemi Covid-19
kakaeeeen-210219-1-6034e787d541df602d38d932.jpg

Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerjukan lebih dari 2000 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata pada 16 Januari 2020. KKN periode semester Gasal 2020/2021 ini dilaksanakan di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah dimulai pada 16 Januari hingga 15 Februari 2021.

KKN Reguler IT ini mengusung tema pemberdayaan UMKM dan organisasi sosial yang berfokus pada pemberdayaan UMKM dan meningkatkan keberadaan UMKM terutama pada media Online, juga bersama organisasi sosial setempat meningkatkan kembali kesadaran pencegahan Covid-19. Salah satu Kelompok KKN Reguler IT UMY yaitu kelompok 165 telah melaksanakan KKN di Kelurahan Rejowinangun, Kotagede. 

Kelompok KKN 165 mendampingi 2 mitra UMKM yaitu Batik Krisna dan JoQueen Souvenir serta organisasi sosial setempat yaitu Karang Taruna Prastha Bhakti Wira Sejati.

Program kerja yang diusung oleh Kelompok 165 diantaranya adalah pembibitan dan budidaya lele, sosialisasi Covid-19 dan penyuluhan Kesehatan gigi dan mulut, foto katalog, feeds instagram bagi UMKM, kemasan produk dan pembuatan akun e-commerce dan website. Beberapa program kerja hanya diperuntukan bagi karang taruna dan UMKM. Terhadap karang taruna kelompok KKN 165 melaksanakan pembibitan dan budidaya lele dengan media ember. 

Melihat wilayah di Rejowinangun yang terdapat 3 kampung, maka KKN 165 memberikan masing-masing 1 ember tiap kampung. Sebelum parktek, karang taruna diberikan materi terkait bagaimana membudidaya lele yang baik dan benar kemudian dilaksanakan praktek embibitan dan budidaya.

Pendampingan terhadap UMKM dilaksanakan dengan melaksanakan program kerja foto katalog yang kemudian diunggah pada feed Instagram milik UMKM. Selain itu juga mendampingi UMKM dengan membuat linktree sehingga akses konsumen ke penjual dapat lebih mudah dengan adanya linktree.

Salah satu program kerja yaitu Sosialisasi Covid-19 dan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut serta Penutupan KKN Reguler IT UMY Kelompok 165 pada 14 Februari 2021. 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan Kembali kesadaran masyarakat terhadap upaya pencegahan Covid-19 dengan menghadirkan pembicara yang kompeten yaitu drg.Dian Yosi Arinawati, MD.Sc., Ph.D., dalam pemaparan materi, ditekankan bahwa pentingnya masyarakat untuk selalu mematuhi protocol Kesehatan dengan melaksanakan 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjauhi Kerumunan. 

Ditunjukan pula bahaya-bahaya apabila tidak melaksanakan dan mematuhi protocol Kesehatan dan seberapa tinggi kemungkinan penularannya. 

Dalam tema kedua yang menghadirkan pembicara drg.Nyka Dwi Febria M.Med.Ed yaitu mengenai penyuluhan Kesehatan gigi dan mulut, dijelaskan bahwa bagaimana Kesehatan gigi dan mulut harus dijaga agar terjaga Kesehatan dan kebersihannya. Ditunjukan dan dijelaskan pula bagaimana tanda apabila gigi dan mulut kita dapat dikatakan kurang sehat juga mengenai bagaimana penanganannya. 

Setelah pemaparan materi, pembicara memberikan pelatihan Kesehatan dengan mempraktekan bagaimana mengecek tekanan darah seseorang dengan alat tes tekanan darah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x