Mohon tunggu...
Indah Dwi Rahayu
Indah Dwi Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Semesta Membaca Tinta yang Tertoreh

If I might share my opinion, this world is hell, and our task is to create our own heaven - Eka Kurniawan, Beauty Is a Wound.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Deretan Momen Saat IMIP Renovasi Gerbang Pendidikan Morowali

27 Desember 2021   17:19 Diperbarui: 27 Desember 2021   17:20 266 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi siswa. Sumber foto: pikiranrakyat.com

PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) nyatanya tidak hanya peduli pada kelestarian lingkungan atau penanggulangan penyebaran virus Covid-19 di Tanah Air. Perusahaan smelter di Morowali, Sulawesi Tengah ini juga diketahui berkontribusi dalam merevolusi gerbang pendidikan Morowali. Pendidikan, sama pentingnya dengan lingkungan, jika dipelihara dan dibangun dengan baik, maka akan memberi banyak manfaat bagi sekitar.

Taraf pendidikan di Sulawesi Tengah, termasuk Kabupaten Morowali senyatanya memang perlu mendapat perhatian lebih dari seluruh elemen masyarakat. Pasalnya, berdasarkan hasil UKG (Uji Kompetensi Guru) yang diungkap oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di tahun 2019 Kabupaten Morowali berada di peringkat  396 dar 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia, dengan rata rata point 49,79.

Hasil UKG memegang peran penting sebagai tolok ukur bagaimana taraf pendidikan di suatu daerah tersebut. Namun, tidak hanya faktor kompetensi guru yang menjadikan taraf pendidikan masih belum meningkat di daerah Morowali, penyediaan fasilitas penunjang dan pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatan kompetensi guru juga sangat diperlukan.

Dan PT IMIP, meski sebagai pelaku industri, IMIP tidak tinggal diam melihat gerbang pendidikan para penerus bangsa ini perlu diperbaiki. PT IMIP pun mulai memperhatikan dunia pendidikan dalam kegiatan corporate social responsibility (CSR). Bantuan-bantuan kepada instansi pendidikan di 12 desa lingkar industri mulai disalurkan. Dan bantuan ini masih dilakukan PT IMIP hingga hari ini.

Bantuan untuk instansi pendidikan dari PT IMIP dari awal hingga kini yaitu:

1. Pembangunan Fasilitas Sanitasi

Sanitasi di sekolah-sekolah di Morowali juga perlu dibangun dalam kondisi yang baik agar memberikan kenyamanan bagi murid-murid yang berada di sekolah. PT IMIP telah membagun fasilitasi sanitasi di SMA Negeri 1 Bahodopi, SDN Kurisa dan SMP Negeri 1 Bahodopi.

2. Pengadaan Mobiler untuk Sekolah

Selain sanitasi, yang harus ada di sekolah adalah pengadaan mobiler (kursi dan meja). PT IMIP sejauh ini telah memberikan pengadaan mobiler untuk SD Kurisa, TK dan PAUD di Desa Bahomakmur.

3. Penyediaan Tenaga Pengajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan