Mohon tunggu...
Indah Dwi Rahayu
Indah Dwi Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Semesta Membaca Tinta yang Tertoreh

If I might share my opinion, this world is hell, and our task is to create our own heaven - Eka Kurniawan, Beauty Is a Wound.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

7 Bantuan Oksigen dari PT IMIP di Masa Pandemi Covid-19

21 Desember 2021   12:54 Diperbarui: 21 Desember 2021   13:10 87 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bantuan ISO tank oksigen dari PT IMIP untuk negara. Sumber foto: mediaindonesia.com

Di masa pandemi Covid-19, oksigen menjadi kebutuhan penting untuk para pasien Covid-19, terutama yang dirawat di rumah-rumah sakit rujukan Covid-19 di berbagai daerah. Diketahui berdasarkan data yang pernah diungkap oleh Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan oksigen medis negara per hari pernah mencapai angka 800 ton.

Saat kasus Covid-19 melonjak di bulan Juli, rumah-rumah sakit negara mulai kewalahan karena stok oksigen mulai langka, akhirnya Kementerian Perindustrian menghimbau para pelaku industri untuk lebih memfokuskan memproduksi oksigen medis terlebih dahulu.

PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) di Morowali, Sulawesi tengah, sebagai pelaku industri yang mampu memproduksi oksigen medis kemudian berkontribusi menyokong pasokan oksigen negara lewat berapa bantuan. Tak hanya untuk nasional, PT IMIP juga tak melupakan daerah sekitarnya yaitu Sulawesi Tengah dan Morowali. Lantas, seberapa banyak bantuan oksigen dari PT IMIP yang turut membantu negara di masa pandemi Covid-19?

1. 500 Ton Oksigen untuk Negara

Bantuan oksigen dari PT IMIP yang pertama kali diberikan langsung dalam jumlah fantastis yaitu 21 ISO tank oksigen yang bermuatan 500 ton oksigen. Diterima langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada Selasa  (6/7/2021) di Dermaga 03 Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, bantuan oksigen tersebut disebut Menkes dapat membantu setengah dari kebutuhan oksigen negara. ISO tank oksigen yang diberikan PT IMIP langsung dimodifikasi menjadi 'truk oksigen' dan berangkat ke rumah-rumah sakit yang membutuhkan untuk menyalurkan oksigen.

2. Tambahan 129 Ton Oksigen

Bantuan ISO tank oksigen untuk negara dari PT IMIP tidak berhenti disitu saja. Melihat kasus Covid-19 yang masih tinggi, IMIP kemudian menambah bantuan 5 ISO tank yang mempunyai total 129 ton di 24 Juli 2021 silam.

3. 40 Ton Oksigen untuk Provinsi Sulawesi Tengah

Tak hanya memenuhi kebutuhan nasional, IMIP juga tidak lupa pada daerah sekitarnya yang Provinsi Sulawesi Tengah yang juga membutuhkan oksigen untuk pasien Covid-19. Pada jumat (6/8), bertempat di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, IMIP memberikan bantuan 1 ISO tank oksigen berkapasitas 30 ton dan 200 unit tabung oksigen berukuran 50 kg. Bantuan oksigen 40 ton ini diterima langsung Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir 

4. Kembali Bantu 2 ISO Tank Oksigen untuk Sulteng 

Setelah bantuan oksigen pertama dari PT IMIP, ternyata Gubernur Rusdy Mastura masih mendapati bahwa rumah-rumah sakit milik pemerintah maupun swasta masih kekurangan oksigen untuk pasien Covid-19. Gubernur pun kembali meminta PT IMIP untuk bantu sokong pasokan oksigen dan perusahaan smelter di Morowali tersebut menyanggupi memberikan 2 ISO tank oksigen. Bantuan juga diterima langsung oleh Gubernur Rusdy beserta jajaran pada Minggu (22/8).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan