Mohon tunggu...
Indawati
Indawati Mohon Tunggu... Guru

Learner, Mompreneur, Writer, Founder Digital Optimization Class, Digital Designer

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Nostalgia Masa Kecil Saat Ramadhan yang Selalu Terkenang

19 April 2021   13:17 Diperbarui: 19 April 2021   13:45 252 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia Masa Kecil Saat Ramadhan yang Selalu Terkenang
dokumentasi pribadi

Datangnya bulan Ramadhan tidak hanya ditunggu-tunggu oleh orang dewasa, tapi anak-anak pun juga sangat bahagia menyambutnya. 

Masa kecil saat Ramadhan banyak menorehkan cerita tersendiri, dan terkadang membuat tertawa saat kita sudah dewasa mengingatnya.

Seperti halnya masa kecil saya, tidak hanya cerita yang membahagiakan tetapi banyak juga cerita konyol di masa itu. Hingga kini masih teringat dan tidak mudah untuk dilupakan. Penasaran cerita apa itu?

Berikut adalah beberapa nostalgia masa kecil saya saat Ramadhan, yang selalu terkenang hingga saat ini:

1. Mengikuti Kegiatan Pesantren Kilat

Dulu, saat saya masih MI, saat bulan Ramadhan tiba, selalu ada kegiatan pesantren kilat untuk siswa kelas 4,5 dan 6. Kegiatan tersebut dilaksanakan di pertengahan bulan Ramadhan selama dua sampai tiga hari berlangsung. Kita semua menginap di sekolah dengan membawa banyak sekali bekal, mulai dari bantal, selimut, pakaian dan lain-lain yang dibutuhkan selama di pesantren. 

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan di sana, mulai dari senam pagi, tadarus Alqur'an, kajian-kajian Islami dan lain-lain. Ketika menjelang waktu berbuka kita mengambil makanan di rumah masing-masing untuk hidangan berbuka dan sahur. Karena jarak antara sekolah dan rumah tidaklah jauh. Hanya ditempuh dengan berjalan kaki saja.

Kemudian saat maghrib tiba, guru dan siswa berbuka bersama di sana, sholat tarawih bersama, dan tidur bersama banyak teman-teman juga. Senang sekali rasanya. 

2. Mengisi Buku Kegiatan Ramadhan

Tidak hanya mengikuti pesantren kilat, tetapi guru juga memberi buku kegiatan Ramadhan untuk diisi dengan kegiatan Ramadhan selama satu bulan penuh. Mulai dari puasa atau tidak, sholat 5 waktu atau tidak, tadarus di rumah atau tidak dan sholat tarawih atau tidak. 

Ada hal yang paling berkesan saat sholat tarawih, ketika kita antri minta tanda tangan kepada imam sholat. Dan karena banyaknya yang minta tanda tangan, mereka saling berebut dan saling nyerobot teman-temannya yang lain. Seru sekali!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN