Mohon tunggu...
Inavoice
Inavoice Mohon Tunggu... The Biggest Audio Marketplace and Voice Over Agency in Indonesia

There are several works we can do for you to boost up your project! From our audio marketplace, you can purchase music for your products or campaign, along with various unique voices from our voice over Indonesia talents. We also provide 18 different languages and more languages soon You can also create your own music for your project with us!

Selanjutnya

Tutup

Karir

Definisi dan Keuntungan Bergabung dengan Voice Over Agency

5 Februari 2021   15:27 Diperbarui: 5 Februari 2021   15:48 192 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Definisi dan Keuntungan Bergabung dengan Voice Over Agency
definition & benefits join voice over agency/edit dari Pexels.com

Apa kabar voice enthusiast? Semoga semua berjalan dengan baik dan lancar ditengah kondisi yang sampai saat ini belum pasti. Balik lagi ni sama Minavoice, yang benar-benar merasa tersanjung dengan atensi dari para pembaca di Kompasiana.com. Semoga dengan atensi yang Inavoice.com dapatkan bisa membuat kami lebih sering lagi menulis pada Platform ini.

Kali ini Mina ingin ngejelasin salah satu bentuk perkembangan dari industri voice over Indonesia, yaitu munculnya Digital Voice Over Agency. Seperti yang sudah-sudah dijelaskan sama Mina bahwa industri voice over dan podcast belum mencapai puncaknya, geliatnya masih sangat terasa.

Geliat industri voice over di Indonesia dengan apik ditulis oleh kawan Good News From Indonesia. Ia menjelaskan secara detil mengenai industri voice over yang berkembang dari munculnya berbagai aktifitas di dunia digital khususnya. Salah satu geliat yang tertulis pada artikel tersebut adalah munculnya digital voice over agency. Trus apa sih digital voice over agency itu? Apa benefitnya dengan ikut digital voice over agency? Yuk kita simak pembahasan Mina kali ini :

Digital Voice Over Agency Pada Industri Voice Over Indonesia

digital voice over agency/edit dari unsplash.com
digital voice over agency/edit dari unsplash.com

Definisi Digital Voice Over Agency

Digital voice over agency adalah sebuah bentuk digital dari sebuah agensi voice over. Apa itu agensi voice over? Voice over agency atau agensi voice over adalah sebuah medium, wadah, atau tempat menampung orang-orang bertalenta pada bidang voice over yang biasa disebut sebagai voice over talent. Selain berfungsi sebagai medium, voice over agency harus mampu mempertanggungjawabkan setiap produk voice over yang diproduksi melalui voice over agency tersebut.

Mempertanggungjawabkan disini harus dilihat dari kedua belah pihak, yaitu baik dari pihak client dan juga voice over talent yang berada didalamnya. Bentuk mempertanggungjawabkan disini adalah mengiklankan talent-talent yang berada di dalamnya agar mendapat eksposure dari client, dan juga memastikan bahwa setiap output produk voice over yang dipesan client selalu highest quality!

Tentunya agensi akan berbeda dengan marketplace. Perbedaan mendasarnya adalah jasa agency selalu B2B, sedangkan Marketplace biasanya B2C. Sebagai contoh, Inavoice.com adalah platform B2B, dan Voices.com adalah platform B2C. Tentunya hal ini akan menentukan bagaimana pola voice over talent dan client bekerja.

Contoh Voice Over Agency

Seperti yang telah disampaikan di atas, Inavoice.com adalah salah satu contoh voice over agency melalui platform digital. Ada beberapa contoh voice over agency lain dari seluruh dunia, seperti voquent, bunnystudio, dan berbagai macam lainnya. Sebagai informasi, Inavoice merupakan digital voice over agency pertama di Indonesia. Memang sebelumnya sudah ada komunitas, marketplace, dan group voice over di Indonesia, namun yang bergerak dibidang agency belum ada. Jadi sah kan bila Mina menyebut Inavoice digital agency voice over pertama?

Keuntungan Bergabung dengan Voice Over Agency

Nah, pasti bagian ini yang ditunggu-tunggu sama voice enthusiast. Apa sih keuntungannya bergabung dengan voice over agency? Tentunya bergabung dengan voice over agency adalah sebagai voice over talent, anda akan mendapat eksposure berlebih disesuaikan dengan kebutuhan clientnya.

Voice over agency yang baik, wajib memberikan highlight bagi setiap talentnya, memasarkan suaranya melalui berbagai media, dan harus mengusahakan agar setiap talent memiliki kesempatan yang sama untuk mendapat eksposure dari calon talent. Ini penting untuk dilakukan karena semakin banyak kesempatan voice over talent mendapat eksposure dari client, semakin tinggi kesempatan mereka untuk mendapatkan job.

Voice over agency yang baik, juga harus menjamin keamanan transaksi voice over talent dengan client. Gak jarang loh pembayaran dari client sedikit terhambat tergantung dari system pembayaran vendor. Ada yang menggunakan system PO, ada yang menggunakan system Invoice tunda 30 hari, dsb. Sedangkan yang voice over talent tau adalah, ketika kewajiban melakukan perekaman produk voice over selesai, voice over talent akan mendapatkan haknya berupa fee yang telah disepakati. Voice over agency harus mampu menanggung beban tersebut dan memastikan talent tidak merasa terbebani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN