Mohon tunggu...
Muhammad Imron Muhtadin
Muhammad Imron Muhtadin Mohon Tunggu... Muhammad Imron

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Sih Fungsi Kemasan pada Produk? Ini Penjelasannya

4 Januari 2021   01:04 Diperbarui: 4 Januari 2021   01:36 90 0 0 Mohon Tunggu...

Apasih fungsi kemasan pada produk? Ini penjelasannya


Kemasan merupakan pembungkus luar produk. Kemasan pada produk memiliki beberapa jenis, ada beberapa pilihan dalam memilih varian bahan atau material yang dapat di gunakan sebagai kemasan. Ada yang terbuat dari kertas, plastik, kaca, kaleng, maupun kemasan yang terbuat dari kaca. Tentunya anda harus menyesuaikan bahan kemasan yang akan digunakan untuk produk anda. Namun produk makanan biasanya jenis kemasan yang dipilih adalah plastik, selain lebih simpel harganyapun lebih terjangkau.

Kemasan pada produk merupakan hal yang sangat penting. Selain berfungsi untuk melindungi produk dari berbagai resiko keusakan, kemasan juga memiliki fungsi untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. Dengan adanya kemasan yang menarik tentunya produk yang di buat akan lebih diminati oleh konsumen.

Coba kalian bandingkan produk yang memiliki kemasan yang menarik dengan produk yang memiliki kemasan kurang menarik.
  Setelah anda melihatnya, yang mana yang akan anda pilih?, tentunya anda akan memilih ice cream yang memiliki kemasan yang menarik bukan?, hal tersebut menunjukan bahwa kemasan produk yang menarik akan meningkatkan minat daya beli konsumen sehingga akan menambah nilai jual produk.Selain itu adapun fungsi dari kemasan adalah sebagai berikut :

1. Tempat produk disimpan

Fungsi kemasan yang pertama yaitu sebai wadah atau tempat disimpannya produk. Tujuannya adalah agar produk tidak tercecer, serta mencegah barang jatuh saat pengiriman. Sehingga barang tetap terbungkus utuh ketika sampai ke konsumen.

2.Melindungi produk
Seperti yang telah dijelaskan tadi, kemasan pada produkdifungsikan untuk melindungi produk baik dari kerusakan, terkena mikroba, kotoran, panas dan udara yang terlalu lembab. Jadi kemasan sangat penting agar produk tetap higenis dan tidak rusak.


3. Sebagai identitas Produk
Kemasan produk juga dapat menjadi identitas perusahaan lho, terlebih lagi ketika perusahaan kita sudah terkenal. Tentunya perusahaan kita akan mudah di kenal masyarakat hanya dengan kemasan produknya saja.


4. Meningkatkan nilai jual
Nah, ini yang telah di jelaskan tadi, dengan adanya kemasan produk ini akan memberikan nilai tambahan di banding produk yang telanjang. Sehingga daya minat masyarakat atau konsumen akan meningkat dan akan menyebabkan bertambahnya nilai jual produk.


5. Menambah nilai produk
Dengan adanya kemasan ternyata juga bisa menambah nilai produk lho, kok bisa ya? Soalnya dengan adanya kemasan kita dapat menambahkan nomor BPOM, menambahkan batas konsumsi produk, komposisi, serta menambah kemenarikan produk. Dengan adanya hal tersebut tentu masyarakat akan merasa aman dan  akan menambah nilai positif produk dimata masyarakat/konsumen. Anda juga bisa mmenambahkan website, nomor hubung dan alamat perusahaan sehingga produk dan perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat.

Nah itulah pembahasan mengenaai pentingnya kemasan menarik serta fungsi dari kemasan. Bagaimana penting banget kan kemasan itu?.dalam memilih kemasan buatlah semenarik mungkin ya, serta sesuaikan dengan produk anda.


Muhammad Imron Muhtadin( Mahasiswa Universitas Pamulang

VIDEO PILIHAN