Mohon tunggu...
Imroatul Fatona
Imroatul Fatona Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Imroatul Fatona UIN KHAS Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengertian Perubahan Sosial dan Pendidikan Islam

7 Desember 2021   10:46 Diperbarui: 7 Desember 2021   10:58 134 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perubahan sosial, apa yang terlintas dalam benak kita jika mendengar kata perubahan sosial, tentunya segala aspek perubahan yang mempengaruhi lingkup sosial.

Pengertian perubahan sosial secara etimologi merupakan sebuah perubahan sosial yang diartikan sebagai perubahan dari berbagai bidang kemasyarakatan, yang mana fenomena ini akan berdampak pada perubahan sistem sosial lainnya dalam masyarakat, mulai dari tata nilai, sikap, hingga perilaku.

Perubahan sosial merupakan suatu perubahan yang terjadi karena adanya sebuah hubungan interaksi antar satu individu dengan individu lain, organisasi atau komunitas yang berkaitan erat dengan struktur sosial ataupun pola nilai dan norma. 

Dalam definisinya sendiri perubahan sosial memiliki banyak definisi baik itu perubahan yang terjadi pada struktur sosial, lembaga sosial, pola-pola perilaku, dan sistem hubungan sosial/interaksi sosial baik itu berkaitan dengan nilai dan norma, serta fenomena kultural yakni suatu hal yang berkaitan dengan kebudayaan. 

Suatu perubahan sosial akan terus terjadi secara berkelanjutan sebab pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang bersifat dinamis yang artinya akan selalu mengalami dan akan melakukan sebuah perubahan. 

Perubahan sosial sendiri mempunyai beberapa karakteristik diantaranya:

- Perubahan sosial dapat terjadi sepanjang waktu, artinya perubahan sosial itu akan terus terjadi sampai kapanpun itu, sebab pada hakikatnya manusia adalah makhluk Tuhan yang bersifat dinamis yakni akan terus mengalami perubahan, seperti yang kita tahu, yang dulunya hanya bisa mengetahui berita terbaru dari koran, sekarang kita bisa mengetahui berita terbaru melalui internet.

- Perubahan sosial yang terjadi karena direncanakan, dan juga sering kali terjadi tanpa direncanakan, maksudnya disini perubahan sosial bisa terjadi baik itu direncanakan oleh manusia itu sendiri atau bahkan akan terjadi diluar rencan manusia itu sendiri, seperti program KB dan bencana alam.

Dengan adanya perubahan sosial pasti akan mendatangkan dampak yang positif dan negatif. Dampak positif yang dilahirkan dari perubahan sosial yakni majunya teknologi diberbagai kehidupan masyarakat serta kompleksnya berbagai alat dan peralatan dalam memenuhi kebutuhan hidup, sedangkan dampak negatif yang dihasilkan dari perubahan sosial adalah lunturnya nilai dan norma di masyarakat, serta kehidupan masyarakat menjadi konsumtif atau berlebihan. 

Dalam hal ini pendidikan islam berperan penting dalam mengatasi dampak negatif yang dihasilkan dari perubahan sosial yang terjadi, dalam artian pendidikan islam adalah sebuah wadah untuk membentuk dan membangun nilai-nilai dan norma-norma yang telah luntur, sebab pendidikan adalah proses yang dapat mengubah perilaku individu dalam konteks teori perubahan sosial yang akan berdampak pada terjadinya perubahan itu sendiri, baik itu pada tingkat individu sebagai agen maupun dalam tingkat kelembagaan yang mampu mengubah struktur sosial yang ada didalam masyarakat itu sendiri. 

Pendidikan islam merupakan sebuah usaha dalam memelihara dan mengembangkan fitrah manusia serta sebagai sumber daya insani yang ada pada dirinya untuk menjadi insan kamil (manusia seutuhnya) sesuai dengan norma islam. Maka dari itu pendidikan dan perubahan sosial merupakan suatu kesatuan yang saling berkaitan erat, kedua saling berpengaruh antara satu dengan yang lain sehingga dampaknya melebar dalam masyarakat, karena itulah mengapa pendidikan dikatakan sebagai sumber yang mempengaruhi masyarakat dan kemudian berdampak kepada perubahan sosial masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan