Mohon tunggu...
IMMANUEL KRISHNAMURTI
IMMANUEL KRISHNAMURTI Mohon Tunggu... Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Atmajaya Yogyakarta

Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Atmajaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Iklan Gratis dari Google Bantu UKM Survive di Masa Pandemi

23 Oktober 2020   16:16 Diperbarui: 23 Oktober 2020   16:27 42 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Iklan Gratis dari Google Bantu UKM Survive di Masa Pandemi
contoh hasil penggunaan google bisnisku (Dok. pribadi, hasil screenshot)

Pandemi Covid-19 ini  sudah berlangsung selama kurang lebih 6 bulan ini benar-benar menghentak semua. Semua Lini tanpa terkecualii terkena dampaknya. Coba lihat mulai dari restoran, mall, bioskop, bahkan sampai lini terkecil yaitu Usaha Kecil Mikro dan Menengah atau UKM-pun tak luput terkena ganasnya pandemic ini.

Banyak hal yang dikeluhkan mulai dari omset turun, penjualan lesu,  pengurangan pegawai dan sebagainya adalah akibat kurang bergairahnya ekonomi Indonesia akibat pandemic ini. Meskipun begitu, berbagai stimulus dan kebijakan ekonomi telah dikeluarkan pemerintah untuk mendorong peningkatan ekonomi. Namun, diantara semuanya ternyata belum cukup dan mampu mengatasi hantaman keras pandemic ini di bidang ekonomi.

Sebagai salah satu pegiat media social saya cukup sering berinteraksi dengan para influencer ataupun para UKM yang memang bergerak di bidang digital. Banyak diantara mereka yang memang mengaku omset ataupun penjualan di awal sangat lesu, mereka pun berusaha mencari cara untuk mengatasi ini mulai dari promo sampai melakukan iklan secara masif juga mereka lakukan. Saya pun sendiri tidak ingin ketinggalan membagikannya kepada anda, berikut saya juga ingin bagikan kisah para UKM ini survive di tengah pandemic kepada anda.

 Salah satu kiat yang mereka gunakan adalah melalui google. Yaps Google yang mungkin sudah anda kenal dan sering digunakan dalam mencari suatu informasi atau berita. Nah itulah keunggulannya, selain sebagai search engine, google pun ikut serta merambah dunia bisnis digital melalui aplikasi Google Bisnisku. Google Bisnisku sendiri adalah sebuah fitur gratis yang memungkinkan kita para pengguna nya untuk turut serta mempromosikan Profil Bisnis dan situs bisnis kita di Penelusuran Google dan juga tak ketinggalan di Google Maps.

Google Bisnisku sendiri sudah ada sejak dari tahun 2014. Namun, sayang keberadaanya belum terlalu familiar dengan para pegiat bisnis di Indonesia. Para UKM sendiri baru mulai mengetahui manfaat Google Bisnisku ini beberapa bulan kebelakang. Lalu pasti diantara anda banyak yang penasaran kan, apa sih keunnggulan akun Google Bisnisku ini khususnya bagi para pebisnis. Di Google Bisnisku ini ketika anda mempunyai akun dapat digunakan untuk melihat dan menjangkau pelanggan, lalu bisa juga memposting pembaruan ke Profil Bisnis, dan juga bisa melihat cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis kita  di Google.

Contoh : Cat sepatu KSJ OFFICIAL sudah menggunakan Google Bisnisku dan terverifikasi oleh Google, beginilah tampilannya di Google bila pengguna mencari sebuah bisnis menggunakan kata kunci  CAT SEPATU KSJ OFFICIAL.

Namun diakui oleh para UKM bahwa mereka masih belum familiar dengan Google Bisnisku ini. Banyak pertanyaan yang muncul di benak mereka bagaimana sebetulnya cara memaksimalkan akun google bisnisku, sehingga bisa muncul di google search dan google maps. Nah saya disini akan coba membantu anda menjelaskan apa itu Google bisnisku sebelum kita jauh melangkah.

Di awal telah saya sampaikan bahwa Google bisnisku ini membantu para pelanggan menemukan bisnis kita dengan kata kunci yang digunakan, maka sebelum itu terlebih dahulu kita harus mempelajari bagaimana caranya agar calon konsumen menemukan kita menggunakan kata kunci yang mereka pakai. Fungsi pengguaan kata kunci tersebut dalam profil bisnis ataupun website kita adalah agar membantu di dalam menaikkan ranking atau rating kita dalam google. Sehingga pada saat calon konsumen mencari dengan kata kunci, maka profil bisnis atau website kita yang berada di paling atas pada mesin pencarian google.

Salain membantu para calon konsumen dalam menemukan bisnis kita. Google bisnisku juga membantu para UKM untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan. Salah satu contohnya, UKM dapat membuat penawaran khusus ataupun menampilkan informasi umum yang calon pelanggan perlu ketahui mengenai bisnis anda. Pengetahuan akan profil bisnis anda antara lain seperti jam operasional, nomor kantor, arah menuju ke lokasi menggunakan google maps hingga menghemat waktu calon konsumen dengan menampilkan pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh konsumen lain.

Selain dapat melihat profil bisnis, para konsumen dapat pula memberi rating atau ulasan pada profil bisnis kita. Ulasan pada google bisnis yang diberikan sedikit banyak dapat membantu menambah kepercayaan konsumen dalam mengetahui informasi lebih lanjut tentang bisnis kita. Ulasan dari para konsumen tersebut dapat kita respon dengan menambahkan komentar dan sebagainya, yang dalam hal ini menurut saya penting dalam membangun loyalitas dengan konsumen. Selain memberikan ratingm kolom ulasan yang ada pada google bisnis dapat digunakan juga untuk menampung saran – saran dari konsumen untuk pengembangan produk ataupun dalam pelayanan kedepannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN