Mohon tunggu...
Imha Imha
Imha Imha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Agama tanpa ilmu adalah buta Ilmu tanpa agama adalah lumpuh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apakah Ekonomi Memiliki Keterkaitan dengan Agama Islam?

29 September 2022   08:43 Diperbarui: 29 September 2022   08:44 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi Islam di bangun atas dasar agama Islam, ekonomi Islam akan mengikuti agama Islam dalam berbagai aspeknya. Ekonomi sebagai sesuatu yang bersifat independen, dan karenanya bersifat objektif dan akhirnya berlaku universal. Hukum penawaran, misalnya yang menyatakan bahwa "jika harga suatu barang meningkatkan, maka jumlah barang yang di tawarkan akan meningkatkan". Hukum tersebut berlaku karena para produsen memandang bahwa kenaikan harga barang adalah kenaikan pendapatan.

Tingkah laku ekonomi manusia merupakan ibadah kepada Allah. Kekayaan ekonomi adalah suatu alat untuk memenuhi hajat dan kepuasan hidup dalam rangka meningkatkan kemampuannya agar dapat mengabdi lebih baik kepada Allah. Mencari dan menimba kekayaan atau pendapat yang lebih baik untuk dinikmatinya tidaklah dikutuk Allah sepanjang diakui sebagai karunia dan amanat Allah. Adapun yang terkutuk adalah apabila kekayaan itu di jadikan sesembahan yang utama dalam hidupnya. Iman dan taqwa kepada Allah memberi corak pada dunia ekonomi dengan segala aspeknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan