Mohon tunggu...
Imelda Widiya Hikmah
Imelda Widiya Hikmah Mohon Tunggu... Freelancer - Apapun itu

Cerita dari imelhi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Peran Teknologi dalam Literasi di Lingkungan SMPN Unggulan Sindang Indramayu pada Masa Pandemi Covid

25 September 2021   23:32 Diperbarui: 25 September 2021   23:35 56 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Peran Teknologi dalam Literasi di Lingkungan SMPN Unggulan Sindang Indramayu pada Masa Pandemi Covid
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu hal yang dibuat kaget dan sempat kacau saat pandemi datang. Kegiatan yang biasa dilakukan secara offline mendadak berubah menjadi online. Adaptasi di berbagai aspek di Pendidikan pun menjadi kewajiban untuk mereka yang ada di lingkup Pendidikan, mulai dari media,  pelajar, guru, hingga orang tua. 

Indonesia kini mendapatkan tantangan baru yaitu adaptasi Pendidikan terhadap pandemi, namun sayangnya saat tantangan baru datang, Indonesia masih belum berhasil menyelesaikan tantangan sebelumnya, yaitu memperbaiki literasi yang masih kurang di pelajar Indonesia. 

Melihat situasi sekarang, teknologi menjadi salah satu hal yang kiranya bisa membantu mengatasi itu semua. Istilahnya seperti menyelam sambil minum air. Teknologi datang menjadi solusi pandemi, sekaligus meningkatkan minat terhadap literasi.

Semua sekolah kini giat meningkatkat Literasi, yaitu kemampuan berpikir yang diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional. 

Saat pandemi datang cara yang paling efektif kini adalah dengan teknologi, seperti yang diterapkan di SMPN Unggulan Sindang Indramayu. 

Para guru, orang tua, dan juga siswa sama-sama memiliki antusias yang baik dalam hal tersebut, sebagai upaya untuk meningkatan kualitas hidup, daya saing, pengembangan karakter bangsa, serta melihat perkembangan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di abad ke-21. 

Dalam Literasi Baca-Tulis, SMPN Unggulan mengikuti program tantangan literasi GLN Gaereulis Jabar, hingga bulan Agustus 2021 sudah 500 lebih karya literasi yang mereka baca entah itu buku, cerpen, puisi dan yang lainnya. Koordinasi dan persiapan mereka lakukan menggunakan bantuan teknologi, seperti mendokumentasi, membuat video, dan juga mengikuti beberapa diklat yang diselenggarakan melalui media Online.

Universitas Pendidikan Indonesia pun ikut membantu dalam kegiatan meningkatkan literasi di SMPN Unggulan sindang, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang fokus dalam bidang pendidikan UPI merasa terpanggil untuk mengambil peran memberikan kontribusi dalam program peningkatan indeks literasi nasional melalui kegiatan Kulaih Kerja Nyata (KKN) tematik literasi diwakili oleh Imelda Widiya Hikmah, mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer yang berfokus pada peningkatan Literasi Numerasi, SMPN unggulan bersedia menerima bantuan tersebut. 

Literasi numerasi sendiri berfokus pada kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

Siswa mendapat pendampingan tambahan guna meningkatkan minat terhadap literasi numerasi yang dilakukan melalui pertemuan virtual, dan beberapa media ajar yang disebar melalui online. 

Pertememuan secara virtual dibantu dengan gmeet, dan penyampaian materi menggunakan google jamboard atau power point. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan