Mohon tunggu...
Imelda Myra Susiani
Imelda Myra Susiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kasus COVID-19 Meningkat, Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi

5 Agustus 2021   19:48 Diperbarui: 5 Agustus 2021   19:53 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kasus COVID-19 Meningkat, Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi
Poster Penggunaan Masker Ganda/dokpri

Kulon Progo (01/08). Saat ini penggunaan masker ganda sudah menjadi sebuah keharusan untuk mencegah penularan virus COVID-19. Untuk itu, edukasi penggunaan masker ganda telah dilaksanakan oleh mahasiwa Universitas Diponegoro, Imelda Myra Susiani, pada 01 Agustus 2021. Edukasi ini dilaksanakan dengan metode online, yaitu melalui media sosial WhatsApp Group. Sasaran dari edukasi yang dilakukan adalah Warga RT 18 RW 06 Dusun Grigak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pada kondisi pandemi ini, pemerintah sudah mengeluarkan peraturan kepada masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus COVID-1. Protokol kesehatan diberlakukan untuk semua orang di mana saja dan kapan saja, tak terkecuali di Dusun Grigak, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Protokol kesehatan yang diterapkan salah satunya yaitu penggunaan masker. Penggunaan masker yang tepat akan efektif dalam membatasi penyebaran COVID-19 dan melindungi pemakainya dari berbagai infeksi atau kemungkinan menularkan infeksi. Akan tetapi, pada saat ini kasus pasien COVID-19 meningkat cukup tajam, sehingga pemerintah mengeluarkan peraturan baru, yaitu penggunaan masker ganda. 

Penggunaan masker ganda terdiri dari masker medis di dalam dan masker kain di luar. Dari survey dan observasi lapangan yang telah dilakukan, kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan masker mulai menurun. Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak memakai masker dengan benar, bahkan sudah tidak memakai masker lagi dengan alasan pengap dan tidak betah. 

Masyarakat masih belum mengerti dan paham mengapa harus memakai masker ganda, terbukti dari observasi yang dilakukan, banyak masyarakat yang masih memakai masker hanya satu lapis saja. Oleh karena itu, program kerja edukasi mengenai pentingnya penggunaan masker ganda diberikan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memakai masker yang baik dan benar. Apabila masyarakat mematuhi protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker ganda, diharapakan penyebaran virus COVID-19 dapat dihentikan dan masyarakat dapat hidup dengan sehat.

Poster Penggunaan Masker yang Baik dan Benar serta Cara Mencuci Masker Kain/dokpri
Poster Penggunaan Masker yang Baik dan Benar serta Cara Mencuci Masker Kain/dokpri
Program kerja "Mencegah Penularan COVID-19 dengan Edukasi Pentingnya Penggunaan Masker Ganda pada warga Dusun Grigak RT 18 RW 06" dilaksanakan dengan sasaran Warga RT 18 RW 06 Dusun Grigak, Kabupaten Kulon Progo. Edukasi ini dilaksanakan menggunakan media online yaitu WhatsApp Group, untuk meminimalisasi kontak langsung, sehingga dapat mencegah penularan virus COVID-19. 

Mahasiswa KKN membagikan poster dan link video mengenai penggunaan masker ganda, termasuk cara menggunakan masker yang baik dan benar serta cara mencuci masker kain selama masa pandemi. Warga difasilitasi untuk tanya jawab dan berdiskusi mengenai materi yang telah disampaikan. Respon Warga RT 18 RW 06 Dusun Grigak terhadap edukasi yang telah dilakukan cukup baik dan berharap pelaksanaan program kerja ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Besar harapan dengan diadakannya edukasi ini, Warga RT 18 RW 06 Dusun Grigak, Kabupaten Kulon Progo, menjadi lebih sadar mengenai penggunaan masker ganda yang baik dan benar pada masa pandemi COVID-19 ini.

Oleh: Imelda Myra Susiani (Keperawatan - Fakultas Kedokteran)

Pembimbing: dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.Med., Ph.D

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN