Digital

Stop Cyber Bullying

13 Juni 2018   20:50 Diperbarui: 27 Juni 2018   13:13 310 0 0

Mendengar kata bullying ditelinga kita pastilah saat ini tak asing lagi bukan? Ya, bullying sendiri memiliki arti Mengintimidasi, Pelecehan dan Ancaman yang dilakukan melalui fisik atau verbal.

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, tentu saja kejahatan pun mulai banyak variasinya Sobat! Dimulai dengan kejahatan dunia maya, salah satu contoh kasusnya Cyber Bullying yang semakin marak terjadi saat ini.

Salah satu contoh kasus Cyber Bullying ini menimpa Ryan Pattrick Halligan. Orang tua Ryan menuturkan kejadian ini disebuah website milik mereka. Ryan diketahui memiliki keterbatasan perkembangan kemampuan berbicara dan motorik, Ryan pun harus ikut pendidikan khusus sampai Sekolah Dasar kelas empat. Kondisi Ryan inilah yang membuat Ryan menjadi tawanan para pembully. Hingga suatu ketika, Ryan menjalin hubungan pertemanan lewat media sosial. Disitu ia menceritakan beberapa kisah memalukan. Dan tak disangka, kisah itu menyebar hingga akhirnya Ryan kembali menjadi bahan untuk para pembully menjalankan aksi mereka! Merasa depresi Ryan akhirnya nekad mengakhiri hidup nya dengan menggantung diri dikamar mandi rumahnya.

Satu dari sekian banyak kasus Cyber Bullying ini membuktikan bahwa kasus ini sudah memprihatinkan Sobat! Bisa dilihat dari para korban yang akhirnya depresi hingga nekad untuk mengakhiri hidup mereka karena satu dua perkataan kasar yang tidak bertanggungjawab.

Tahukah Sobat? Pelaku Cyber Bullying ini biasanya merupakan seseorang yang tidak dapat menyampaikan pendapat mereka lhoh! Kemudian mereka melarikan diri ke media sosial. Beberapa dari mereka memiliki kemungkinan bahwa didunia nyata mereka pernah menjadi objek bullying juga sehingga membalaskan dendam mereka lewat jejaring dunia maya.

Lalu apa sih yang harus dilakukan untuk mencegah kita dari serangan Cyber Bullying ini?

Pertama, jangan terpancing dengan kalimat atau kata-kata sarkatisme yang ada di Internet Sobat!
Kedua, jangan memberi mereka perhatian! Mereka akan merasa puas kalau kamu menanggapi mereka
Ketiga, tebang pilih! Apa artinya? Jangan memberi data pribadi kita pada sembarang orang, lebih secure lagi "Jangan mencantumkan data pribadi pada media sosial kalian, tanpa terkecuali"
Empat, hindari memasang foto pribadi kamu yang dinilai seronok ya!

Terakhir nih,
Sadarkah Sobat? menjadi pelaku Cyber Bullying adalah cerminan masa depan kita. Apa yang kita tanam dimasa kini akan kita tuai dimasa yang akan datang...