Mohon tunggu...
Imam Solehudin
Imam Solehudin Mohon Tunggu... -

Nama saya Imam Solehudin saya berasal dari kota Purworejo Jawa Tengah. Lahir di Purworejo 15 November 1996. Sekarang menempuh study di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Prodi Ilmu Komunikasi. Seorang dengan hidup yang sederhana yeeee. Fans Superman Is Dead Juga cheers dan Endank Soekamti too88zzt. Tapi jangan lupa follow IG ya : imamimamso :D

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Apa Kata Jerinx S.I.D Soal Tolak Reklamasi Bali dan Musik Rock

3 Januari 2016   23:28 Diperbarui: 4 Januari 2016   13:54 1214 4 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pertanyaan bisa terjawab dan tidak harus bertanya kepada orang yang bersangkutan, tetapi untuk memperoleh keakuratan dalam hal tertentu seseorang perlu untuk mendapatkan jawaban dari orang yang bersangkutan tersebut. Mengenai sang idola, siapa yang tidak ingin bertanya bahkan berbicara kepada sang idola. Maka dari itu saya kebetulan berkesempatan bertanya saat saya mengikuti seminar "Musik Sebagai Senjata".

Saya mencoba bertanya soal musik dan movement yang dilakukan Jerinx bersama bandnya Superman Is Dead. Setidaknya untuk menyerap ilmu dan pemikiran dari sang idola. Mengetahui dan memberikan jawaban yang tepat bagi orang yang berpendapat berbeda juga menjadi alasan mengapa saya harus bertanya demikian. Dengan sedikit sapaan kepada Jerinx maka berikut adalah pertanyaan yang saya lontarkan untuk Jerinx SID saat saya mengikuti seminar tersebut beberapa waktu lalu.

Q

Dulu lagu-lagu SID terkesan keras tetapi sekarang lebih dari itu, lagu-lagu dari SID mengajarkan kita mencintai negri tercinta kita Indonesia dan mengajak kita untuk menjaga alam atau lingkungan. Namun untuk menuju negeri yang maju, Indonesia tentu butuh akan pembangunan, sementara bli Jerinx sendiri dalam persepsi kebanyakan orang itu menolak pembangunan itu sendiri.

Nah pertanyaanya “Pembangunan seperti apa yang sebenarnya bli jerinx tolak tersebut dan pembangunan seperti apa yang bli jerinx inginkan atau dambakan?” 

A

Pertama yang perlu digarisbawahi bahwa SID tidak anti pembangunan dan itu yang seharusnya kita pahami. SID menolak reklamasi bukan berarti anti pembangunan, akan tetapi yang dilawan adalah kecurangan, kerakusan, dan ketidakjujuran pihak investor.

Pembangunan yang diidamkan adalah pembangunan yang merata bukan mengeploitasi satu tempat atau daerah saja karena Bali itu luas dan bukan hanya di Bali bagian selatan saja bahkan Indonesia bukan hanya di Bali bagian selatan saja. Mengapa tidak di Bali bagian utara, timur, atau barat.

Pembangunan yang diidamkan selanjutnya adalah pembangunan yang jujur dan dilakukan dengan cara transparan yang memberi kontribusi nyata untuk masyarakat lokalnya. Jangan sampai pembangunan malah menggusur warga lokalnya.

Saya rasa setiap daerah di Indonesia memiliki potensi alam yang sama, Indonesia adalah negeri yang kaya akan potensi alamnya.

Q

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan