Mohon tunggu...
Imam Muhayat
Imam Muhayat Mohon Tunggu... Karakter - Kompetensi - literasi

menyelam jauh ke dasar kedalaman jejak anak pulau

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jemaah Haji Badung Menuju Asrama Haji Sukolilo

1 Agustus 2019   02:51 Diperbarui: 1 Agustus 2019   03:53 0 2 1 Mohon Tunggu...

#Rihlah -4 JH
Perjalanan istirahat di Rumah Makan Bidadari pada pukul 20.15 Wita. Ketua rombongan memberikan imbauan agar selama perjalanan disamping banyak membaca doa memanfaatkan waktu istirahat dengan baik.

Insha Allah para CJH dapat menikmati pelayanan makan di Rumah Makan Bidadari, Negara. Saat dikonfirmasi kepada bu Hajjah Endang, ia mengatakan singkat alhamduliilah. "Makan apapun jika diawali dengan doa, " Alhamdulillahi ath'amana wasaqona waja'alana minal muslimin, Insha Allah berkah," katanya.

Pada kesempatan lain saat CJH ditanyakan kesehatan saat berada di Rumah Makan menimpali dengan jawaban, "alhamdulillah bersama regu terasa nikmat dan barakah. Ketua rombongan mengampiri jamaah paling tua rombongan badung menyela pertanyaan, "sudah makan dan salat, Bapak, dengan jelas dikatakan bahwa yang bersangkutan bersama jamaah lainnya makan dilanjutkan salat jamak dilaksanakan sesuai dengan imbauan dari rombongan.

Sementara itu istirahat sejenak di Rumah Makan di seputaran Surabaya terasa cukup nyaman. Persiapan melanjutkan perjalanan dengan prosedur sebagaimana biasa cecking manifes jumlah penumpang semua sudah lengkap. Bus mulai dapat diberangkatkan dan saat bus mulai bergerak ketua rombongan memandu CJH berdoa , " Subhanalladzi sakhkhoro lana wama kunna lahu muqrinin ...," Dilanjutkan dengan imbauan kepada CJH istirahat atau banyak membaca kalimat thayyibah.

Perjalanan selanjutnya menuju seputaran mendekati Asrama Sukolilo. Namun sebelum masuk asrama nantinya para CJH akan diistirahatkan kembali di Masjid Al Akbar, Surabaya untuk melaksanakan salat subuh berjamaah, sembari membersihkan badan, mandi, di tempat tersebut.

Salat subuh dilaksanakah secara berjamaah. Disarankan masing-masih CJH saat membersihkan badan tidak lebih dari 10 menit. Tujuannya adalah bisa gantian dengan yang lain dan sembari sebagai pembelajaran terbiasa menggunakan fasilitas umum dengan memperhatikan kebutuhan orang lainnya.

Semua sudah terlaksana dengan baik yang dilakukan secara bergantian mengingat tempat yang terbatas. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Sesaat ketua rombongan menghampiri bapak Juwari mengatakan,  " dapat istirahat dan menikmati makanan di tempat tersebut," tukasnya.

Saat sudah mendekati Asrama Sukolilo ketua rombongan mengumpulkan ketua regu untuk merencanakan proses nanti saat sudah mulai masuk Asrama dan saat di dalam Asrama. Bahwa semua regu sepakat untuk selalu memantau, memperhatikan, dan suatu saat mengambil tindakan apa yang diperlukan CJH kabupaten Badung.

Perjalanan dilanjutkan kembali menuju Asrama Haji Sukolilo. Sesuai nama Asrama Haji berarti tempat tinggal sementara untuk CJH, bermakna tempat transit dan untuk mempersiapkan keberangkatan selanjutnya. Sedangkan Sukolilo diksi kata bermakna dengan rela hati sebagai ungkapan semua yang terjadi tidak lain harus disikapi penuh kesadaran hanya diserahkan kepada Allah semata. Karena itu tempat itu sebagai bagian dari yang harus dipersiakan sebelum lebih jauh melangkah yakni memasuki Tanah Suci, Makkah almunawwarah dan Madinah Annabawiyah nantinya.

Penjelasan tentang makna Sukolilo, begitu berarti dalam kinteks ibadah... Proses selanjutnya semua CJH 2019 Bali mulai merapat di Lobby Asrama Sukolilo, setelah semua cecking berakhir mereka para jemaah haji masuk kamar masing-masing sejenak istirahat sembari persiapan pukul 22.00 keluar dari asrama sukolilo dan selanjutnya menuju embarkasi Juanda untuk melanjutkan perjalanan menuju Dembarkasi, Jeddag, KSA dengan memakai pesawat angkut Saudia Airline.

VIDEO PILIHAN