Bahasa

Pengaruh dan Sejarah Bahasa Inggris terhadap Perkembangan Indonesia

27 September 2018   18:48 Diperbarui: 27 September 2018   18:51 570 0 0

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah sangat dikenal sebagai bahasa internasional dunia. Bahasa Inggris di Indonesia secara umum diajarkan sebagai bahasa asing. Istilah 'bahasa asing' dalam bidang pengajaran bahasa berbeda dengan 'bahasa kedua'. 

Bahasa asing adalah bahasa yang yang tidak digunakan sebagai alat komunikasi di negara tertentu di mana bahasa tersebut diajarkan. Sementara bahasa kedua adalah bahasa yang bukan bahasa utama namun menjadi salah satu bahasa yang digunakan secara umum di suatu negara. 

Di Indonesia, kebijakan pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing berubah seiring waktu dan pergantian kebijakan yang kebanyakan dipengaruhi ekonomi dan politik. 

Bahasa Inggris secara resmi diajarkan sebagai bahasa asing di sekolah-sekolah Indonesia seiring dengan keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1967.

Sejak saat itu, perubahan menteri, kurikulum, keadaan politik, ekonomi dan perkembangan ilmu pendidikan, terus mewarnai perkembangan pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia. 

Kondisi politik 1960-an di mana faham komunis berjaya, membuat sebagian besar tenaga pengajar asing (khususnya dari negara barat) meninggalkan Indonesia, dan menciptakan kesenjangan proses perkembangan pendidikan.

Kontroversi pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Sebagian pihak berpendapat mengajarkan bahasa Inggris pada siswa SD akan sangat bagus bagi perkembangan anak ke depannya. 

Namun di sisi lain, perbedaan kondisi sosial, ekonomi dan geo-politik daerah-daerah di Indonesia, menciptakan perbedaan kualitas sekolah dan latar belakang siswa, sehingga ada siswa-siswa yang jangankan berbahasa Inggris, bahasa Indonesia dasar saja mereka belum menguasai secara baik. 

Bahasa Inggris adalah bisnis yang besar. Jutaan dolar mengalir ke negara produsen material pengajaran Bahasa Inggris (USA, UK, Australia) dalam bentuk pembelian materi audio-visual, buku, sumber daya manusia dan lain-lain.

Dampak positif

- Dapat mengikuti perkembangan di dunia, Karena bahasa inggris adalah bahasa internasioanal, maka kita dapat lebih mudah mengikuti perlembangan di dunia dengan dapat menggunakan bahasa inggris. 

Dampak Negatif

- Bahasa Inggris selain memberikan pengaruh yang positif terhadap bahasa Indonesia juga memberikan pengaruh yang negatif terhadap bahasa negara kita. Menurut saya, keberadaan tempat-tempat kursus bahasa Inggris merupakan salah satu contoh pengaruh negatif yang diberikan oleh bahasa asing tersebut. Banyaknya tempat kursus bahasa asing melambangkan banyaknya peminat terhadap bahasa tersebut. 

Sampai saat ini, saya pribadi sangat jarang menemukan tempat kursus bahasa Indonesia. Semakin banyak masyarakat yang lebih mencintai bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia.Tidak menutup kemungkinan jika keadaan demikian terus berkembang maka akan berimbas pada keberadaan bahasa Indonesia dengan tergesernya kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara kita. Selain itu dampak negatif lain yang ditimbulkan dari bahasa asing menurut saya adalah gambaran(image) bahasa Indonesia di kalangan masyarakat. 

Dengan bertambah banyaknya kata-kata serapan maupun kata-kata pinjaman yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupannya, maka akan menimbulkan anggapan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang tidak memiliki kosakata sendiri melainkan selalu meminjam dari bahasa orang lain. 

Namun sesungguhnya hal tersebut timbul dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap kosakata bahasa Indonesia dan juga kurangnya empati masyarakat Indonesia terhadap bahasanya sendiri.

Referensi :1, 2. 3.