Mohon tunggu...
Imam Alwi Rifai
Imam Alwi Rifai Mohon Tunggu... Imam Alwi RIfai

Stay Safe Everyone

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Fungsi Agama dengan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia di masa Pandemi Covid 19

9 Juli 2020   23:33 Diperbarui: 9 Juli 2020   23:26 11 0 0 Mohon Tunggu...

Fungsi Agama dan Hubungannya dengan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia dimasa Pandemi Covid 19

Agama merupakan prinsip yang harus dimiliki manusia untuk mempercayai Tuhan dalam kehidupannya. Kajian tentang agama akan selalu berkembang pesat hingga akhir zaman nanti. Dalam masa pandemi covid 19 ini, agama dapat digunakan sebagai upaya dalam memerangi penyebaran covid 19 ini, dikarenakan agama dapat membantu manusia agar percaya bahwa covid 19 ini hanya cobaan untuk kehidupannya dan akan ada masa berakhirnya covid 19.

Berikut fungsi agama dan Hubungannya dengan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia dimasa Pandemi Covid 19, sebagai berikut

1. Agama sebagai pedoman hidup manusia

Agama sebagai pedoman hidup dalam masa covid 19 ini adalah sebagai arahan atau tujuan dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa covid 19 ini dan meyakini akan berakhirnya masa covid 19. Karena didalam peristiwa yang terjadi manusia dapat mengambil hikmah atau pelajaran yang didapat.

2. Agama meningkatkan rasa solidaritas manusia

Agama meningkatkan rasa solidaritas manusia dalam masa covid 19 ini adalah agama mempunyai kekuatan untuk membangkitkan semangat persaudaraan antar sesama manusia. Agama sebagai pemersatu umat beragama meskipun berbeda beda agama dalam memerangi covid 19 ini dengan cara bersama sama saling bergotong rotong membantu sesama yang mebutuhkan bantuan di masa covid 19 ini agar terus dapat berjuang dalam memerangi covid 19.

3. Agama memberikan kedamaian Mental

Agama memberikan tempat perlindungan yang benar bagi manusia maka dari itu agama dapat memberikan kedamaian mental. Agama memberi dorongan kepada manusia untuk menghadapi kehidupan dan tantangan yang dialaminya. Di masa pandemi covid 19 adalah tantangan yang dialami manusia dalam menjalankan kehidupannya.

4. Agama meningkatkan kesejahteraan.

Agama mengajarkan kepada umatnya agar melayani masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Agama mengajarkan bahwa pelayanan kepada sesama manusia adalah juga pelayanan kepada Tuhan. Karena itulah di masa pandemi covid 19 ini sesama manusia saling tolong menolong untuk membantu yang lain yang membutuhkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN