Imam Al Insan
Imam Al Insan

mahasiswa Stie Trisakti of Management

Selanjutnya

Tutup

Karir

Dibalik Keberhasilan Suatu Organisasi Maupun Perusahaan, di Situ Ada Pemimpin yang Hebat

7 Juli 2018   19:33 Diperbarui: 7 Juli 2018   19:53 287 0 0
Dibalik Keberhasilan Suatu Organisasi Maupun Perusahaan, di Situ Ada Pemimpin yang Hebat
telegraph.co.uk

Perusahaan yang terbilang berhasil disitu ada sosok seorang  pemimpin yang hebat yang mau berusaha keras untuk memajukan suatu perusahaan ataupun organisasi dan juga untuk para anggotanya supaya semangat dalam mengerjakan pekerjaan. Menurut situs resmi www.hitsss.com ada lima tip memimpin yang menjadi kunci keberhasilan dan menjadi pemimpin yang hebat dan menjadikannya inspirasi dan panutan bagi para anggotanya, sebagai berikut:

  • Meningkatkan kemampuan tim dan membangun percaya diri. Seorang pemimpin yang hebat mampu membimbing, memberi masukan dan membantu timnya menghasilkan kinerja terbaik. Pemimpin membangun rasa percaya diri pada timnya, memberi semangat, perhatian dan penghargaan. Rasa percaya diri akan membangkitkan energi dan meningkatkan keberanian untuk meraih keberhasilan Rasa percaya diri adalah modal utama bagi tim pemenang.
  • Mampu membuat timnya menghayati dan menjalankan visi organisasi. Pemimpin hebat harus mempunyai visi yang menantang dalam membawa organisasi melakukan lompatan ke masa depan. Ia juga harus mengkomunikasikan serta berhasil membuat segenap tim, anggota dan jajaran di bawahnya menghayati, mendukung dan menjalankan serta merealisasikan visi organisasi dengan sepenuh hati.
  • Menyuntikkan energy positif dan optimism. Tugas pemimpin adalah melawan situasi negatif dengan menunjukkan semangat dan optimisme "Kita bisa mengatasi semua tantangan". Untuk itu seorang pemimpin harus keluar dari ruangannya, bertemu sebanyak mungkin anggotanya, memberikan perhatian atas apa yang mereka lakukan dan memberi informasi dimana tim berada, sudah sejauhmana tim bergerak dalam perjalanan bersama menghadapi tantangan bisnis.
  • Pemimpin membangun rasa percaya dengan kejujuran dan keterbukaan. Tim perlu tahu bagaimana kondisi perusahaan serta situasi bisnis. Kadang-kadang sulit untuk menyampaikan kabar buruk, misalnya ketika organisasi harus mengurangi pegawai. Namun tetaplah terbuka, agar rasa percaya, dukungan tim dan energi dapat terjaga. Selama sang pemimpin membuktikan kejujuran, keterusterangan, menghargai kinerja tim dan tidak berpura-pura, kepercayaan akan terus diraihnya.
  • Pemimpin merayakan kemenangan. Merayakan kemenangan membuat tim merasa sebagai tim pemenang, merasa dihargai dan menimbulkan energi positif. Rayakan kemenangan dengan cara yang kreatif. Jadikan kemenangan sebagai suatu kegiatan yang istimewa, yang membuat tim ingin mencapainya lagi.

Oleh karena itu, tidak ada jalan yang instan atau praktis untuk menjadi pemimpin yang hebat semua itu butuh proses jikalau ingin berhasil semua itu.

Terima kasih