Kesehatan Pilihan

Venustraphobia

11 September 2017   21:25 Diperbarui: 11 September 2017   21:35 820 2 1
Venustraphobia
Image from : www.Vebma.com

Venustraphobia merupakan salah satu fobia langka yang terjadi di sekitar kita. Tapi apakah arti dari Venustraphobia atau Caligynephobia? Caligynephobia terdiri dari tiga kata dari bahasa Yunani yakni Cali berarti keindahan, Gyne -- wanita, dan Phobos -- ketakutan sehingga dapat diartikan Venustraphobia atau Caligynephobia adalah takut berlebihan terhadap wanita cantik. Venustraphobia merupakan salah satu fobia yang hanya diidap oleh pria.

Tapi apakah yang sebenarnya menyebabkan fobia ini? Penyebab dari Venustraphobia adalah karena adanya pengalaman buruk tentang wanita cantik sehingga menyebabkan trauma kepada penderitanya. Pengalaman buruk tersebut seperti, penolakan oleh perempuan, bullying, kekerasan fisik hingga pelecehan seksual. Fobia ini pula dapat menjadi lebih parah apabila diikuti dengan sikap rendah diri, rasa minder, rasa tidak aman, miskin harga diri, serta masalah kepercayaan diri.

Data menyebutkan bahwa diperkirakan sekitar 0,47 persen pria di Inggris dan 0,61 persen pria di Amerika terserang Venustraphobia. Meskipun kemungkinan untuk terkena fobia ini kecil, tetapi akan berdampak bagi orang yang mengidap fobia ini. Beberapa akibat dari fobia ini antara lain: keringat dingin, tubuh gemetar, serta sesak napas ketika berada dekat dengan perempuan cantik. Walaupun akibat dari fobia ini tidak dapat membahayakan jiwa seseorang, tetapi dapat berdampak pada kualitas hidup penderitanya. 

Pertanyaannya sekarang ialah, apakah fobia ini dapat disembuhkan? Jawabannya adalah iya karena pada dasarnya setiap fobia dapat disembuhkan. Cara pertama untuk menyembuhkan fobia ini adalah dengan cara hipnoterapi. Hipnoterapi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penyembuhan gangguan jiwa dengan membawa penderita ke suatu keadaan trans agar penderita mengeluarkan isi hatinya atau dengan kata lain kita membuat penderita merasa nyaman dan secara perlahan kita mensugesti penderita secara bertahap. Cara kedua adalah dengan cara menggunakan atau mengonsumsi obat antidepresan dan tentunya sesuai dengan resep dokter.

Venustraphobiaadalah fobia terhadap wanita cantik yang merupakan salah satu dari jenis fobia langka. Fobia yang disebabkan karena adanya trauma terhadap wanita cantik ini dapat mengakibatkan rasa ketidaknyamanan. Untuk itu, pengertian dan pemahaman satu sama lain merupakan salah satu cara untuk mengurangi fobia ini. Meskipun akibat dari fobia ini sebenarnya tidak sampai membahayakan jiwa seseorang, tetapi jika tidak ditangani segera dapat menimbulkan efek yang lebih parah.


Sumber : 1. Syifaa, Ika Nurul 2009. Fobia Pria pada Wanita Cantik.

                        Available at :https://nasional.kompas.com/read/2009/12/10/15123388/Fobia.Pria.pada.Wanita.Cantik

                2. Ardianto, Bram. Apakah Phobia Perempuan Cantik Benar-Benar Ada?

                        Available at : https://bramardianto.com/apakah-phobia-perempuan-cantik-benar-benar-ada.html

                     3. https://kbbi.web.id/