Mohon tunggu...
Ilyas Adyuta
Ilyas Adyuta Mohon Tunggu... 201880203

201880203

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perubahan dalam Lingkungan Bisnis

18 Mei 2021   00:04 Diperbarui: 18 Mei 2021   00:05 49 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perubahan dalam Lingkungan Bisnis
Perubahan | chiefexecutive.net

Perubahan di lingkungan bisnis terjadi setiap hari, setiap jam hingga setiap detik. Perubahan biasanya merupakan perubahan dari faktor dari luar perusahaan di skala makro dan mikro. dalam skala mikro, jika suatu unit di perusahaan tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang, maka unit tersebut akan ditelan dengan revolusi industri 4.0. hal ini akan mempengaruhi kesempatan usaha atau business opportunities.

Bentuk organisasi yang paling efektif akan bergantung pada lingkungan, strategi, atau teknologi organisasi. jika lingkungan bisnis sederhana dan stabil, bentuk organisasi birokrasi paling efektif. Namun, lingkungan yang kompleks membutuhkan otoritas yang terpusat, dan lingkungan yang dinamis membutuhkan lebih sedikit aturan dan regulasi tertulis yang mendukung tanggapan yang lebih fleksibel dan cepat.

Kemajuan teknologi sekarang membuka banyak sekali peluang untuk siapapun dalam memulai bisnis online terlebih banyak masyarakat bekerja dirumah karena pandemi Covid-19 ini. Perkembangan dan perubahan bisnis ini seringkali membuat perusahaan kesulitan membuat melakukan prediksi dalam prediksi masa depannya. 

Faktor yang tidak dapat dikendalikan oleh pemimpin perusahaan sangat banyak jenisnya. Dan hal ini membuat bingung untuk perusahaan dalam mengamati perubahan dalam lingkungan bisnis ini. Namun, pemimpin juga harus mengambil keputusan dan dituntut untuk melakukan perencanaan apakah keputusan ini menguntungkan atau merugikan perusahaan untuk masa depan perusahaannya.

Untuk menghadapi perubahan bisnis yang sangat cepat ini, perusahaan harus bisa memperkuat dirinya masing - masing untuk menghadapi perubahan apapun yang akan terjadi. ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi perubahan di lingkungan bisnis ini.

  • Untuk Meningkatkan kualitas SDM

Perusahaan tidak akan jauh dengan persaingan dengan perusahaan lain yang semakin lama semakin ketat. Maka dari itu, perusahaan harus meningkatkan kualitas SDM demi bertahan hidup dan bisa bersaing dengan perusahaan lain. Seluruh personel yang terlibat dalam sebuah perusahaan, termasuk pemimpin perusahaan harus meningkatkan kualitas diri. Pengetahuan tentang teknologi saat ini dan juga dengan meningkat kualitas diri sendiri sebagai pemimpin di suatu bisnis.

  • Cepat Tanggap

Dalam perubahan yang terjadi, perusahaan harus cepat tanggap terhadap apa yang terjadi di dalam perusahaan seperti SDM yang dimiliki perusahaan. Jika perusahaan salah dalam menyelesaikan masalahnya, perusahaan akan kehilangan kepercayaan dari konsumen atau bahkan kehilangan kepercayaan dari karyawan perusahaan.

  • Meningkatkan Teknologi Perusahaan

Dikarenakan perkembangan dan pertumbuhan teknologi yang cepat ini maka perusahaan harus bisa mengikuti teknologi agar bisa mendukung menghasilkan produk yang lebih baik dan berkualitas.

Lingkungan ekonomi harus menyesuaikan apa yang sedang terjadi dalam dunia bisnis sehingga jika ingin menjalani suatu bisnis atau sedang menjalaninya bisa bertahan saat menghadapi perubahan dan masalah yang terjadi dalam dunia bisnis. Keunggulan daya saing itu hanya sementara, perusahaan harus mampu mengubah diri. Kalau tidak, bisa habis oleh raksasa global.

VIDEO PILIHAN