Mohon tunggu...
Ilmina Jihan Zafira
Ilmina Jihan Zafira Mohon Tunggu... let's be happier

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (NIM: 20107030037)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mau Betah Belajar? Coba 5 Tips Ini!

6 Maret 2021   19:26 Diperbarui: 6 Maret 2021   19:37 103 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Betah Belajar? Coba 5 Tips Ini!
Sumber gambar: id.pinterest.com/minimalist home

Menyinggung suatu kegiatan yang disebut "belajar" mungkin terdengar mengundang beban pikiran dan membuat kita langsung mengaktifkan rasa enggan. Membayangkan harus berkutat di balik lembar-lembar buku serta menyelami berbagai materi, ditambah beberapa usaha agar dapat memahami apa yang dipelajari, tentu menjadi hal yang agaknya kurang nenyenangkan. 

Kita cenderung lebih tertarik pada sesuatu yang tak perlu banyak memutar otak apalagi untuk hal yang tidak kita sukai. Contohnya saja ketika harus menggeluti pelajaran matematika bahkan disaat kita tak menyukai segalanya yang berbau hitungan. 

Mungkin 10 menit pertama masih terasa ringan, 10 menit selanjutnya mulai timbul rasa jenuh, 10 menit berikutnya lagi maka kepala akan terasa berat, panas, pusing, dan selamat, anda terkena gejala demam matematika. 

Namun hal ini mungkin akan berbeda ketika mempelajari sesuatu yang disukai. Meskipun ada kesulitan di tengah jalan, setidaknya kita masih memiliki semangat untuk menyelam lebih dalam dan mencari jalan keluar pada pelajaran yang kita sukai tersebut.

Namun nyatanya kita tetap dihadapkan pada banyak mata pelajaran—baik yang disukai maupun tidak, dan memaksa kita untuk belajar tak peduli bagaimanapun susahnya. Hal ini memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap pelajar. Namanya saja pelajar, pasti pekerjaannya ya belajar.

Karena kegiatan belajar yang terkesan membosankan ini merupakan suatu kewajiban dimana mau tidak mau harus dilakukan, maka sebisa mungkin kita harus mengubah kesan "membosankan" ini menjadi "menyenangkan" sehingga nantinya berlama-lama dengan buku pelajaran pun tak lagi memberatkan. Apa bisa? Bisa, dong! Coba cermati poin-poin berikut ini, yuk!

1. Menata Ulang Meja Belajar

Usaha dalam menciptakan suasana baru pada tempat yang biasa digunakan untuk belajar dapat membantu me-refresh pikiran dan memicu mood belajar, mengingat setiap orang pasti membutuhkan "warna" baru ketika "warna" yang lalu semakin pudar. Dalam hal ini bisa berupa suasana dan semangat yang memang saling berkaitan. 

Seseorang akan cenderung lebih bersemangat dan antusias pada sesuatu yang belum pernah dicoba, dan sebaliknya, ketika dihadapkan dengan sesuatu yang itu-itu saja pasti lambat laun akan mengundang rasa jenuh. Dampak inipun nantinya akan berpengaruh pula pada apa yang kita lakukan. 

Pada kasus ini yaitu kegiatan belajar yang rasanya akan semakin menyenangkan dengan munculnya suasana baru itu. Oleh karena hal tersebut, penataan ulang meja belajar bisa menjadi alternatif bagus untuk mengembalikan semangat belajar.

2. Menggunakan Buku Catatan serta Alat Pendukung Lain yang Menarik

Tips ini sangat membantu dalam proses kegiatan belajar, terlebih bagi seseorang yang senang mencatat. Mulai saja dengan pergi ke toko alat tulis, membeli peralatan yang sekiranya menarik hati, dan tanpa sadar keinginan untuk menggunakan peralatan tulis baru itu akan mengudara—membuat kita seperti dipacu lebih kuat untuk belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN