Mohon tunggu...
Ilhanisya Shevafuxiana
Ilhanisya Shevafuxiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030045)

likes to watch movies and read novels.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif

22 Juni 2021   22:20 Diperbarui: 22 Juni 2021   22:45 141 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif
(sumber: lokadata.id)

Kalian pernah nggak sih merasa kalau waktu dua puluh empat jam dalam sehari rasanya begitu kurang? Seperti rasanya habis bangun tidur, tahu-tahu sudah malam lagi. Hati-hati, bisa aja kamu melakukan kesalahan dalam manajemen waktu, lho!

Apa tuh, manajemen waktu? Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

Untuk mencapai target dari tugas-tugas yang ingin kita kerjakan, kita harus paham mengenai manajemen waktu. Kalau kita memiliki keterampilan manajemen waktu yang kuat, nantinya itu bisa membantu kita mengarahkan dalam pencapaian tujuan utama kita.

Pasti kita pernah berpikir kalau waktu dalam sehari tidak cukup untuk mengerjakan berbagai macam tugas dan harus menyelesaikannya. Sebenarnya, kita harus lebih pandai mengatur waktu untuk dapat mencapai itu semua.

Terus, apa akibatnya kalau kita tidak bisa memanajemen waktu dengan baik? Jika kita menunda-nunda pekerjaan maka nanti semua pekerjaan kita akan menumpuk dan kita harus mengerjakan semua dengan satu waktu. Terlebih lagi dengan waktu yang terburu-buru, yang bisa berdampak pada hasil pekerjaan kita.

Selain itu, tidak tepat waktu juga merupakan salah satu akibat dari manajemen waktu yang buruk. Misalnya seperti, mengumpulkan tugas lewat dari deadline atau tenggat waktu, datang terlambat ke kantor atau sekolah, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara agar memiliki manajemen waktu yang baik? Yuk, mari simak langkah-langkah yang berikut ini!

1. Buat Rencana

Cobalah untuk membuat rencana atau to-do list. Kamu bisa membuatnya sehari sebelumnya dan rencana itu untuk dijalankan di keesokan harinya. Hal ini perlu dilakukan karena saat besok hari kita bangun pagi, kita bisa langsung mulai mengerjakan sesuai rencana dan tidak akan membuang-buang waktu!

Selain itu, perencanaan akan mempermudah kita untuk menentukan tugas apa yang harus lebih dulu kita kerjakan. Tapi terkadang rencana yang kita buat tidak selalu berjalan lancar, maka dari itu kita harus selalu punya rencana cadangan untuk mengatasi segala hambatan yang mungkin terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x