Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sah! Napoli Juara Liga Italia dan Ini Beberapa Faktor Pentingnya

5 Mei 2023   03:53 Diperbarui: 5 Mei 2023   04:05 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Luciano Spalletti. (afp/oli scarff dipublikasikan kompas.com)

Napoli sah menjadi juara Liga Italia musim 2022-2023. Napoli jadi juara Liga Italia setelah bermain seri 1-1 melawan Udinese, Jumat (5/5/2023) dini hari WIB.

Hasil seri itu sudah cukup membawa Napoli jadi jawara karena Lazio yang ada di posisi dua klasemen sementara sudah tidak mampu melewati nilai Napoli. Napoli kini memiliki nilai 80 dan Lazio memiliki 64 poin. Artinya jika Lazio memenangkan lima laga sisa, nilai maksimal mereka adalah 79 dan masih berada di bawah Napoli.

Ini adalah gelar setelah melakukan penantian panjang sejak 1989-1990. Jika dilihat, ada beberapa penyebab Napoli bisa menjadi juara.

Luciano Spalletti

Pertama tentu saja karena pelatih Luciano Spalletti. Dia adalah pelatih berpengalaman. Memang Spalletti belum pernah menjadi juara Liga Italia. Namun, dia sudah sangat berpengalaman.

Spalletti pernah melatih AS Roma, Inter Milan, dan beberapa klub lain di Italia. Di Italia, prestasi tertinggi Spalletti adalah bersama AS Roma yakni juara Coppa Italia pada 2006-2007 dan 2007-2008. Spalletti juga membawa AS Roma juara Piala Super Italia pada 2007.

Dia juga pernah melatih Zenit St Petersburg. Di Zenit, Spalletti mendapatkan capaian istimewa karena mampu menjuarai Liga Rusia, Piala Rusia, dan Piala Super Rusia.

Kematangan pelatih berumur 64 tahun itu terlihat di Napoli. Sekalipun tak memiliki banyak bintang di musim ini, Spalletti mampu membuat Napoli berjaya. Dia hanya butuh dua musim untuk mengembalikan kejayaan Napoli seperti di masa Diego Maradona.

Kompetitor

Kedua adalah musuh-musuh Napoli. Tidak bisa dipungkiri melesatnya Napoli juga karena faktor musuh mereka yang sedang tak enak badan. Juventus belum kembali ke masa kejayaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun