Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Berapa Kali STY Bikin Indonesia Comeback?

26 September 2022   05:43 Diperbarui: 26 September 2022   06:54 204 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shin Tae-yong. Foto: kompas.com/suci rahayu

Comeback adalah bukti mental yang bagus. Tertinggal lebih dahulu, akhirnya bisa menang. Di tangan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia senior cukup rajin comeback.

Terhitung sejak laga melawan Taiwan sampai Curacao, Indonesia bermain 19 kali. Hasilnya, 12 kali menang, 4 kali seri, 3 kali kalah.

Di tangan STY, persentase kemenangan Indonesia lebih dari 50 persen. Selain itu, ada fenomena yang menarik soal comeback.

Dari 12 kemenangan, empat kemenangan didapatkan dari comeback. Berarti sepertiga kemenangan Indonesia didapatkan dari comeback. Ini adalah fenomena bagus terkait mental yang mau bertarung ketika sempat tertinggal.

Comeback pertama adalah laga melawan Malaysia di AFF 2020. Saat itu, Indonesia tertinggal satu gol. Kemudian mampu membalikkan kedudukan dengan menang 4-1.

Kemenangan atas Malaysia saat itu benar-benar bikin puas. Selain comeback juga karena permainannya juga bagus.

Comeback berikutnya di laga uji coba melawan Timor Leste. Sempat tertinggal satu gol, Indonesia bangkit menang 4-1. Pada laga Januari 2022 itu, sekalipun menang, banyak yang tak puas dengan performa anak asuh Shin Tae-yong.

Ketiga adalah comeback lawan tuan rumah Kuwait di kualifikasi Piala Asia 2023, Juni lalu. Sempat tertinggal satu gol, Indonesia mampu menang 2-1.

Bagi saya, laga lawan Kuwait adalah comeback terbaik. Sebab, bermain di kandang Kuwait, di laga penting, dan jadi penentu kelolosan Indonesia ke Piala Asia 2023.

Keempat adalah yang terbaru, yakni comeback melawan Curacao Sabtu lalu. Sempat tertinggal satu gol, Indonesia akhirnya menang 3-2.

Mentalitas tak mau kalah sudah terlihat. Empat kali comeback dalam rentang kisaran satu setengah tahun adalah hal yang menjanjikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan