Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Spanyol Bekuk Italia, Spekulasi Enrique Berbuah Hasil

7 Oktober 2021   04:27 Diperbarui: 7 Oktober 2021   04:31 149 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ferran Torres. foto: KIRILL KUDRYAVTSEV dipublikasikan kompas.com

Spanyol mampu balas dendam pada Italia di semifinal ajang UEFA Nations League. Spanyol yang berstatus sebagai tim "tamu" akhirnya bisa mengalahkan Italia 2-1, Kamis (7/10/2021). Hasil ini membuat Spanyol lolos ke final. 

Kemenangan Spanyol atas Italia ditentukan oleh dua gol yang diborong Ferran Torres. Torres membuat gol di menit 17 dan 45+2. Gol pemain Manchester City berusia 21 tahun itu tercipta setelah dia dua kali mendapatkan assist dari Mikel Oyarzabal.

Sementara, satu gol Italia dibuat Lorenzo Pellegrini di menit 83 setelah mendapatkan assist dari Federico Chiesa. Italia yang berusaha mencetak gol di waktu sisa, akhirnya gagal. Laga pun dimenangkan Spanyol dengan skor 2-1.

Di laga ini, Spanyol memang lebih unggul. Dikutip livescore, Spanyol menguasai bola sampai 70 persen. Di sisi lain, Italia menguasai bola 30 persen. Spanyol memiliki lima peluang emas mencetak  gol, sementara Italia memiliki empat peluang emas mencetak gol.

Italia juga harus kehilangan Leonardo Bonucci di menit 42. Bek asal Juventus itu mendapatkan kartu  kuning kedua alias kartu merah. Bonucci diusir keluar lapangan karena dia melakukan pelanggaran pada gelandang Spanyol Sergio Busquets.

Kehilangan Bonucci membuat Italia hanya bermain dengan 10 orang. Imbasnya, Roberto Mancini melakukan pergantian pemain. Giorgio Chiellini dimasukkan di menit 46 menggantikan striker Federico Bernardeschi.

Bahkan, Mancini juga melakukan penggantian pada para pemain bintangnya. Insigne, Verratti, dan Jorginho ditarik keluar di babak kedua digantikan Kean, Locatelli, dan Pellegrini. Nama terakhir akhirnya bisa membuat gol ke gawang Spanyol.

Di sisi lain, Spanyol bermain tanpa penyerang murni. Pelatih Luis Enrique membuat spekulasi dengan memainkan Ferran Torres di lini depan. Torres seperti diketahui, bukan striker murni. Posisi alamiah dari Torres adalah pemain sayap. Namun, akhirnya Torres bisa membuat dua gol.

Ferran Torres kini jadi pencetak gol terbanyak sementara UEFA Nations League dengan enam gol. Dia setara dengan striker Norwegia Erling Haaland. Namun, Torres berpeluang menambah perbendaharaan gol karena Spanyol masih menyisakan satu laga final.

Selain itu berspekulasi soal Torres, Enrique juga berani memainkan pemain muda Pablo Gavira dari Barcelona yang baru berusia 17 tahun. Ada juga bek sayap senior Chelsea Marcos Alonso dimainkan sebagai starter. Jadi di laga ini, dua bek sayap Spanyol adalah pemain Chelsea yakni Alonso dan Cesar Azpilicueta.

Kemenangan atas Italia membuat Spanyol mampu membalas dendam. Sebab, pertengahan tahun ini, Spanyol dijegal Italia melalui adu penalti pada semifinal Euro 2020. Kemenangan atas Italia ini juga membuat Spanyol lolos ke final UEFA Nations League 2020-2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan