Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ivan Toplak Wafat, Jaya di Yugoslavia Tapi Pilu di Timnas Indonesia

28 Juli 2021   07:04 Diperbarui: 28 Juli 2021   14:04 270 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ivan Toplak Wafat, Jaya di Yugoslavia Tapi Pilu di Timnas Indonesia
Ivan Toplak. Foto: angkapan Layar Twitter RTS_Sport dipublikasikan kompas.com

Eks Pelatih Timnas Indonesia Ivan Toplak meninggal dunia, 26 Juli 2021 di Maribor, Slovenia. Ivan adalah pelatih Timnas Indonesia 1991-1993.

Aku masih ingat cerita soal Ivan Toplak. Tentu saja cerita yang aku tahu dari baca koran masa itu. Koran masa itu, cukup keras juga mengkritik Ivan Toplak.

Begini ceritanya...

Aku tahu pada 1991 Indonesia mendapatkan medali emas SEA Games cabang sepak bola putra. Saat itu, belum ada pembatasan umur. Artinya, pemain SEA Games adalah pemain senior.

Saya sempat lihat di TVRI Indonesia mengalahkan Singapura di semifinal lewat adu penalti. Kiper Indonesia saat itu kiper kedua yakni Erick Ibrahim. Eddy Harto tak main. Eddy main di final.

Aku ingat di saat itu pelatih Timnas Indonesia adalah Anatoli Polosin yang kini sudah wafat juga. Kalau Ivan Toplak melatih timnas sejak 1991 berarti dia melatih setelah Polosin.

Menjadi pelatih setelah sebuah tim sukses tentu tidak mudah. Orang akan ingat Polosin dan meminta Toplak lebih dari Polosin. Sebenarnya jika melihat rekam jejak, Toplak jauh lebih bagus dari Polosin.

Sebelum latih Timnas Indonesia, Polosin melatih klub di Eropa. Tapi nama-nama klub itu tak familiar. Rekam jejak Polosin sebagai pemain pun tak ada.

Sementara Toplak pernah jadi pemain Timnas Yugoslavia. Sebagai pelatih, dia mampu membawa Timnas Yugoslavia dapat medali perunggu cabang sepak bola putra di Olimpiade 1984. Dia juga melatih Timnas Senior Yugoslavia pasa 1986.

Tapi, beda rekam jejak bukan jaminan. Faktanya, Ivan Toplak babak belur saat melatih Timnas Indonesia. Dia dikritik habis oleh beberapa kalangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x