Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sepak Bola Concacaf dan Keunikannya

17 Juli 2021   07:24 Diperbarui: 17 Juli 2021   07:28 181 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepak Bola Concacaf dan Keunikannya
Para pemain Kosta Rika saat Piala Dunia 2014. Foto: AFP PHOTO / RONALDO SCHEMIDT dipublikasikan Kompas.com

Menelisik sepak bola Concacaf yakni wilayah Amerika Utara dan Tengah adalah menelisik dunia yang beragam. Ada banyak keunikan dan informasi yang bermula dari sepak bola wilayah Concacaf ini.

Berikut keunikan dari wilayah yang masuk zona Concacaf.

1. Bukan Negara
Ada beberapa wilayah yang bisa berkompetisi sepak bola di Concacaf. Namun, mereka tidak boleh berkompetisi di FIFA. Mengapa? Karena sejatinya mereka bukan negara merdeka.

Contohnya adalah Martinique, Guadeloupe, Bonaire. Dua nama awal adalah masuk wilayah Prancis atau wilayah Prancis di seberang lautan. Sementara Bonaire masuk wilayah Belanda.

Jadi tiga wilayah itu bukan negara berdaulat penuh, tapi hanya jadi bagian dari negara lain. Nah tiga wilayah itu boleh ikut ajang sepak bola di Concacaf, tapi mereka tak ikut di FIFA karena bukan anggota FIFA. Misalnya, mereka tak akan pernah bisa ikut Piala Dunia karena mereka dinilai sebagai "bagian negara lain".

Tapi tidak semua wilayah punya cerita sama dengan Martinique, Guadeloupe, Bonaire. Contohnya adalah Puerto Rico dan Kepulauan Virgin yang juga ada di Concacaf (Amerika Utara dan Tengah).

Puerto Rico dan Kepulauan Virgin itu masuk wilayah Amerika Serikat. Namun, mereka bisa bermain di sepak bola FIFA. Artinya mereka bisa saja main di Piala Dunia jika lolos. Ada beberapa wilayah lain yang senasib dengan Puerto Rico dan Kepulauan Virgin.

Artinya, bukan negara di Concafaf terbagi dua yakni yang masuk anggota FIFA dan tak masuk anggota FIFA.

2. Nama Mirip
Jangan terkecoh dengan nama. Ada wilayah di Amerika Tengah yang memiliki nama mirip. Pertama adalah Republik Dominika dan Dominika. Itu adalah dua negara berbeda.

Republik Dominika memiliki wilayah lebih besar dan penduduk lebih banyak dari Dominika. Republik Dominika menggunakan bahasa Spanyol dan Dominika menggunakan bahasa Inggris. Tapi dalam hal sepak bola, kedua negara ini satu level.

Kedua adalah wilayah Saint Martin dan Sint Maarten. Itu adalah dua wilayah yang berbeda. Saint Martin adalah wilayah milik Prancis dan Sint Maarten adalah wilayah milik Belanda. Soal sepak bola, keduanya di kasta terendah di Concacaf.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN