Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Baggio, Terbaik di Dunia yang Tak Pernah Main di Euro dan Tanpa Gelar Liga Champions

28 Mei 2021   09:18 Diperbarui: 28 Mei 2021   09:29 381 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Baggio, Terbaik di Dunia yang Tak Pernah Main di Euro dan Tanpa Gelar Liga Champions
Roberto Baggio. Foto: AFP/ CARLO BARONCINI dipublikasikan kompas.com

Roberto Baggio adalah pesepak bola yang namanya melambung di dekade 90-an. Dia bahkan pernah menjadi pemain terbaik dunia FIFA pada 1993.

Tidak ada yang memungkiri bagaimana performa Baggio. Jika kau ingin lihat aksi Baggio yang fenomenal, lihat saja di aplikasi video, gol Baggio vs Cekoslowakia di Piala Dunia 1990.

Di laga itu, Baggio membuat kagum banyak orang. Mungkin kisaram sepertiga lapangan bola, Baggio beraksi. Dia membawa bola dan lepas dari terjangan pemain Cekoslowakia. Setelahnya dia menggoyang badan dengan indahnya. Tarian kecilnya mengecoh satu bek Cekoslowakia dan dijebollah gawang negara yang pada 1993 memutuskan menjadi dua yakni Republik Ceko dan Slowakia.

Banyak gol Baggio bagi Italia dibuat dengan goyangan yang mematikan. Secara pribadi saya melihat goyangan Baggio lebih halus daripada Lionel Messi.

Kehebatan Baggio terlihat tak hanya di Piala Dunia 1990, tapi juga Piala Dunia 1994. Di 1998 dia juga masih bermain di Piala Dunia untuk Italia. Lalu bagaimana dengan Euro?

Ternyata Baggio tak pernah merasakan bermain di Euro. Pada Euro 1988, Italia berlaga di Euro tapi Baggio belum masuk skuat Timnas Italia. Pada Euro 1992, Italia gagal lolos setelah kalah bersaing dengan Uni Soviet.

Pada 1996, Italia lolos ke Euro. Namun  Baggio tak masuk skuat. Dia tak "disukai" oleh pelatih Italia saat itu Ariggo Sacchi. Padahal kedua insan ini akur di Piala Dunia 1994.

Tahun 2000, banyak yang meminta Baggio masuk Timnas. Namun, pada akhirnya pelatih Dino Zoff lebih mengandalkan pemain muda di Euro 2000. Para pemain muda itu adalah Francesco Totti dan Alessandro Del Piero.

Selain tak pernah main di Euro, Baggio juga tak pernah rasakan gelar Liga Champions. Dia tak pernah merasakan gelar bergengsi klub klub di Eropa tersebut.

Sekalipun tak pernah main di Euro dan tak pernah merasakan trofi Liga Champions, kehebatan Baggio tak perlu diragukan. Bahkan, dia dinobatkan sebagai pemain Italia abad 20.

Setelah tak lagi menjadi pesepak bola, Baggio memutuskan untuk meninggalkan sepak bola. Dia tak lagi berurusan dengan sepak bola.

VIDEO PILIHAN