Mohon tunggu...
kholil rokhman
kholil rokhman Mohon Tunggu... IG di kholil.kutipan

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hukuman City Dicabut dan Menerka Nasib MU ke 4 Besar

13 Juli 2020   19:12 Diperbarui: 13 Juli 2020   19:08 51 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hukuman City Dicabut dan Menerka Nasib MU ke 4 Besar
Para pemain Manchester City merayakan gol dalam sebuah laga. foto: AFP/LAURENCE GRIFFITHS dipublikasikan Kompas.com

Pengadilan Arbitrase Olahraga menerima banding Manchester City (City). Imbasnya, City bisa bermain di Liga Champions musim depan. Berhasilnya City untuk bisa berlaga di Liga Champions musim depan membuat nasib sang tetangga, yakni Manchester United (MU) harus berjuang lagi.

Seperti dikutip espn, City sebelumnya dilarang tampil di Liga Champions selama dua musim karena masalah financial fair play. Namun, atas hukuman itu, City melakukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga. Hasilnya, pada Senin (13/7/2020), banding City dikabulkan. Artinya, City bisa bermain di Liga Champions.  

Saat ini City memiliki 72 poin dari 35 laga di ajang Liga Inggris. City berada di posisi dua klasemen sementara Liga Inggris. Nilai 72 itu sudah memastikan City masuk empat besar klasemen Liga Inggris musim ini.

Nilai yang dimiliki City saat ini tak bisa disamai oleh MU yang ada di posisi lima klasemen sementara Liga Inggris. MU saat ini memiliki 58 poin dari 34 laga. Jika dalam empat laga sisa MU selalu menang, mereka memiliki 70 poin.

Diketahui, empat tim teratas di klasemen akhir Liga Inggris musim ini, berhak lolos ke Liga Champions musim depan. Dari empat posisi tiket itu, dua tiket sudah dikunci oleh Liverpool dan City. Maka masih ada dua tiket sisa yang diperebutkan beberapa tim.

Salah satu yang memperebutkan tiket di Liga Champions adalah MU. Sebenarnya, jika City tetap disanksi tak bisa main di Liga Champions musim depan, maka MU memiliki peluang besar ke Liga Champions. Sebab, MU bisa masuk empat besar tim yang memiliki nilai terbanyak di klasemen akhir.

Namun, karena City kini bisa lolos ke Liga Champions, MU harus berjuang sampai akhir. Lalu bagaimana hitung-hitungan peluang tim yang memperebutkan dua tiket sisa Liga Champions?

Saya mencoba menyederhanakan saja, bukan berarti mengeliminir calon lainnya. Saya sederhanakan ada tiga tim yang berebut dua tiket sisa ke Liga Champions yakni Chelsea, Leicester City, dan MU.

Chelsea

Chelsea kini ada di posisi tiga klasemen sementara Liga Inggris. Chelsea memiliki 70 poin dari 35 laga. Artinya, Chelsea masih memiliki tiga laga sisa. Dari tiga laga sisa, dua laga sepertinya menjadi laga mudah. Sebab, Chelsea akan menjamu Norwich dan Wolverhampton.

Sementara, satu laga lain adalah melawan Liverpool di kandang lawan. Laga melawan Liverpool ini bisa gampang-gampang susah. Gampang karena Liverpool sudah juara. Motivasi mereka kemungkinan tak seperti sebelum dipastikan juara. Susah karena Liverpool sepertinya memburu lebih dari 100 poin musim ini. Agar buruan itu tercapai, maka Liverpool harus mengalahkan Chelsea. Saya sendiri memprediksi, Chelsea akan mendapatkan 7 poin di tiga laga sisa. Sehingga, di akhir kompetisi mereka akan memiliki 77 poin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN