Mohon tunggu...
Ilham Mardiansyah
Ilham Mardiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student

-

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Kawasan Alun-alun Kota Tegal Semakin Mempesona setelah Revitalisasi

22 September 2022   12:30 Diperbarui: 24 September 2022   02:47 333 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto by Ilham Mardiansyah

Kota Tegal merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang berada di ujung barat dan terletak di Pantai Utara Pulau Jawa. Kota yang terkenal akan wartegnya ini menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat sayang jika tidak dikunjungi. Salah satunya Kawasan Alun-Alun Kota Tegal yang memiliki pesona tersendiri di mata wisatawan.

Terletak di pusat kota tepatnya di Jalan Pancasila, Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Alun-alun ini dikelilingi bangunan penting bahkan bersejarah di Tegal, diantaranya Gedung Balai Kota, Masjid Agung, Menara Air, Taman Pancasila, Gedung SCS, dan Stasiun Kereta Api.

Foto by Ilham Mardiansyah
Foto by Ilham Mardiansyah

Wajah Alun-alun Kota Tegal saat ini sudah berubah total. Bentuknya bukan lagi berupa lapangan dengan rumput hijau, namun tampak seperti taman bunga yang didalamnya terdapat air mancur yang dapat menari-nari. Revitalisasi Alun-Alun ini rampung pada akhir tahun 2021 lalu. 

Perbedaan alun-alun setelah direvitalisasi terdapat pada sarana jalur pejalan kaki yang diperbaiki dan diperluas.

Perbedaan yang mencolok terlihat dari adanya flying deck. Fasilitas ini bisa jadi spot berfoto yang menarik.

Dari sini, pemandangan alun-alun bisa terlihat dengan lebih leluasa.

Tidak hanya taman alun-alun saja yang terdampak revitalisasi, Taman Pancasila hingga trotoar di Kawasan Jalan Pancasila pun tak luput dari proyek yang bernilai miliaran rupiah tersebut.

Taman Pancasila yang dulunya hanya lahan kosong yang dimanfaatkan pedagang untuk berjualan dimalam hari kini disulap menjadi ruang terbuka hijau. 

Area sekitar taman ditanami pohon dan dilengkapi dengan bangku-bangku panjang untuk bersantai. Pengunjung dapat duduk bersantai sambil menikmati pemandangan bangunan cagar budaya peninggalan kolonial, yaitu Gedung Birao atau Gedung SCS (Semarang Cheriboon Stroomtram) serta bangunan Menara Waterleiding.

Foto by Ilham Mardiansyah
Foto by Ilham Mardiansyah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan