Mohon tunggu...
INA X THE JOURNALISM
INA X THE JOURNALISM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Editor

Halo selamat datang di profil kami, dan terima kasih sudah mengunjungi profil kami, INA GROUP

Selanjutnya

Tutup

Hukum

#4 September Hitam: Bongkar Pembunuh Tragedi Semanggi 2!

28 September 2022   20:06 Diperbarui: 28 September 2022   20:12 126 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Edisi Poster : INA 2022

Lagi-lagi pelanggaran HAM terjadi kembali tetapi belum ada suatu hal kejelasan, seperti kasus Tragedi Semanggi 2 pada 24 September 1999.

Insiden terjadi dimana maraknya aksi mahasiswa dan mahasiswi untuk menentang RUU Penanggulangan Keadaan Bahaya (PKB) dan tuntutan mencabut dwi fungsi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Peristiwa seperti ini juga terjadi hampir di seluruh Indonesia. Aksi seperti ini mendapat represi oleh ABRI, Tim Relawan Kemanusiaan mencatat 11 orang tewas dan 217 orang luka-luka, nama-nama korban diantaranya ada : Yap Yun Hap, Zainal Abidin, Teja Sukmana, M. Nuh Ichsan, Salim Jumadoi, Fadly, Deny Julian, Yusuf Rizal, Saidatul Fitria, dan Meyer Ardiansyah.

Berbagai tantangan terus dihadapi oleh para keluarga korban untuk menempuh keadilan. Tetapi dari pihak panitia khusus Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyatakan kasus Tragedi Semanggi bukanlah pelanggaran HAM berat pada sidang DPR RI tahun 2001. Dengan ungkapan dari pihak DPR yang seperti itu membuat kasus HAM-HAM yang sebelumnya terjadi bahkan yang akan datang akan disepelekan juga dan itu membuat cacat peraturan hukum HAM di Indonesia semakin menjadi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan