Mohon tunggu...
Ilga Patricia
Ilga Patricia Mohon Tunggu... Lainnya - UPI

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jelang HUT RI Ke-77, Kelompok 15 KKN UPI Laksanakan Gotong Royong di Lingkungan RW 04 Kelurahan Isola

10 Agustus 2022   03:56 Diperbarui: 10 Agustus 2022   04:07 98 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77 akan diperingati pada tanggal 17 Agustus 2022. Mengutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg), tema besar peringatan 77 tahun Republik Indonesia adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Sebagai salah satu upaya menyemarakan hari bersejarah tersebut, kelompok 15 KKN UPI turut serta melaksanakan gotong royong berupa kerja bakti untuk mempersiapkan perayaan Hari Kemerdekaan.

Pengambilan sampah di jalanan/dokpri
Pengambilan sampah di jalanan/dokpri

Didampingi Ketua RT serta warga, kegiatan ini dimulai dari pagi pada Minggu, 24 Juli 2022 di lingkungan RW 04, Kelurahan isola dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pencabutan rumput liar, pemangkasan ranting kering, pemungutan sampah, hingga pemusnahan sampah yang terkumpul dengan cara dibakar dilakukan bersama-sama. Area lapangan yang nantinya dijadikan lokasi perlombaan menjadi titik utama pelaksanaan kerja bakti.

Pemusnahan sampah/dokpri
Pemusnahan sampah/dokpri

Pemangkasan ranting/dokpri
Pemangkasan ranting/dokpri

Tak hanya itu, menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, sebelumnya Pemkot Bandung telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Bandung Nomor 090-Dispora/2022. Isinya meminta masyarakat mengibarkan bendera merah putih secara selama 1-31 Agustus 2022. Oleh sebab itu, gotong royong pun berlanjut dengan pemasangan dekorasi, umbul-umbul, bendera, poster, spanduk, dan hiasan lainnya yang bertemakan HUT RI Ke-77 juga dilakukan.

Pemasangan bendera/dokpri
Pemasangan bendera/dokpri

Pemasangan bendera bersama Pak RT/dokpri
Pemasangan bendera bersama Pak RT/dokpri

Kegiatan gotong royong dipilih dengan harapan menumbuhkan sikap saling membantu antar masyarakat, dimana orang-orang mau membantu dan menolong orang lain yang membutuhkan. Selain itu, pemilihan tema besar Hari Ulang Tahun Republik Indonesia kali ini mendeskripsikan kondisi Indonesia yang tengah menghadapi tantangan akibat pandemi selama dua tahun belakangan. 

Di tengah keterpurukan itu, semua elemen bangsa diharapkan bergotong royong untuk mempercepat pemulihan kondisi di semua sektor, sebagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang hingga kini bisa mempersatukan kita dalam menghadapi segala tantangan yang ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan