Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Hoaks Taman Sememi Surabaya, Bukti Bahaya Kebohongan Dunia Maya Benar Adanya

10 Oktober 2019   09:28 Diperbarui: 10 Oktober 2019   09:30 737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penjelasan hoaks Taman Sememi. - https://turnbackhoax.id

Hari Sabtu kemarin bisa jadi menjadi hari paling tak bisa saya lupakan.

Bermula dari rencana keluarga besar yang akan hadir di acara pernikahan di Kota Pasuruan, saya harus bersusah payah untuk melawan hoaks yang nyata adanya. Apa hubungannya hoaks dengan acara pernikahan?

Tak lain keluarga besar saya yang tak rela jika pergi bersama dan sudah menyewa mobil hanya untuk pergi kondangan. Mereka juga berencana berjalan-jalan di Kota Surabaya karena akses tol yang cukup mudah. Nah sayangnya, tak banyak rekomendasi tempat wisata yang bisa didapatkan oleh para ibu-ibu di dalam keluarga saya -- ibu saya, buhde dan tante.

Mereka pun menghubungi saya untuk mendapatkan informasi wisata apa saja yang kira-kira bisa dijangkau di Surabaya saat sore hingga malam. Dengan semangat 45, saya memberikan Taman Gantung Jalan Tunjungan dan Gedung Siola-nya sebagai alternatif. 

Kalaupun tidak, saya tawarkan beberapa taman lain yang juga tak kalah indah, semisal Taman Sejarah dan Taman Prestasi. Kalau masih ingin berbelanja, Jembatan Merah Plaza ataupun DTC Wonokromo bisa saya rekomendasikan.

Semua berjalan lancar pada awalnya karena Taman Gantung Jalan Tunjungan -- yang video perjalanan saya pribadi sudah terunggah di YouTube -- menjadi patokan mereka jalan-jalan. Kalaupun terlalu malam, rombongan akan singgah sejenak ke Tunjungan Plaza sambil makan malam. Jadi, saya tak perlu khawatir mencarikan tempat lain mengingat saya tidak ikut serta bersama mereka.

Beberapa jam sebelum keberangkatan, tante saya menghubungi saya. Ia menanyakan tentang sebuah taman yang katanya jauh lebih indah dibandingkan Taman Gantung Jalan Tunjungan. 

Saya heran, apa ada taman baru karena setahu saya yang bagus ya Taman Gantung tadi dan beberapa taman lain. Kala saya mengecek di Google Map dan portal berita, ternyata taman yang dimaksud memang baru dibangun beberapa tahun lalu di sekitar Surabaya Barat.

Bekas dari sebuah lokalisasi, taman tersebut menempati area yang cukup luas dengan hamparan tanaman anggrek yang menjadi favorit Bu Risma. Beberapa spot berfoto seperti tempat duduk berhias anggrek dan pusat pembibitan anggrek terdapat di sana. Lalu, saya membandingkan dengan video yang dikirimkan oleh tante saya yang menggambarkan kondisi taman itu. Kok beda?

Di sana ada berbagai patung yang terbuat dari aneka tanaman. Beberapa diantaranya bisa bergerak-gerak bebas dan otomatis menggugah rasa penasaran siapapun yang pertama kali melihatnya. Saya lalu mencermati kembali video berdurasi sekitar 2 menit itu. Di awal video ternyata terdapat tulisan Dubai Miracle Garden.

Jari-jemari saya dengan cepat mencari tempat itu dan benar saja, taman yang dimaksud di video itu bukanlah Taman Sememi melainkan sebuah taman yang ada di Dubai. Bisa dikatakan, video itu adalah hoaks dan penuh dengan kebohongan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun