Hari Kamis (20/09/2018) kemarin, saya mendatangi acara sharing digital marketing yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas, antara lain Bolang, Malang Local Guide, dan Ngalam Community.
Bertempat di Lenong Rumpi Kopitown, Jalan Esberg Kota Malang, acara berlangsung santai. Kami mengobrol santai terlebih dahulu dengan beberapa rekan komunitas. Sambil menikmati suasana Lenong Rumpi Kopitown, kami mengupas beberapa hal mengenai dunia digital marketing yang kini mulai diminati, terutama oleh kaum milenial.
Pada acara kali ini, ada 3 pemateri yang memberikan kesempatan. Pertama adalah Nunung Afuah. Mbak Nunung merupakan salah satu pegiat dunia marketing yang banyak berkecimpung di media sosial. Pada paparannya, beliau mengungkapkan mengenai pentingnya strategi pemasaran di aneka jejaring sosial. Mulai dari Facebook Fanpage,Instagram, hingga Google My Business (GMB).
Pada beberapa tahun belakang ini, ekspansi pemasaran digital memang sangat masif terutama pada GMB. Menurut beliau, hampir semua tempat usaha kini telah memiliki akun GMB. Keuntungan dari optimasi akun GMB adalah bisa dengan mudah dicari dalam pencarian Google, terutama pencarian G-map.
Pemateri kedua adalah Mas Himam Miladi yang telah dikenal sebagai raja "HL" di Komapasiana. Tulisan-tulisannya yang ciamik dan mendalam sangat layak untuk dibaca dan dimaknai. Mas Himam memaparkan berbagai tips mengenai pembuatan konten yang aktual, menarik, sekaligus mendalam. Menurut Mas Himam, dalam membuat sebuah konten, banyak sisi yang sebenarnya bisa digali. Maka dari itu, rajin berlatih menulis adalah kuncinya.
Di Lenong Rumpi Kopitown sendiri ada beberapa paket makanan dengan harga murah meriah. Beberapa menu andalan seperti nasi ayam geprek, nasi telur geprek, dan mie ting-ting dibanderol dengan harga antara 7000 hingga 9000 ribu rupiah. Bahkan, ada menu andalan yakni nasi ayam suwir yang dihargai hanya 5000 rupiah saja.