Mohon tunggu...
Ikko Puteri A.
Ikko Puteri A. Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

S-1 Teknologi Hasil Perikanan, UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa Undip Beri Edukasi Warga Ngesrep untuk Menurunkan Risiko Tertular Virus Covid-19

4 Agustus 2021   23:50 Diperbarui: 5 Agustus 2021   00:05 37 1 0 Mohon Tunggu...

Semarang, Ngesrep (27/07)- Kasus Covid-19 yang melonjak di akhir bulan Juni ini menyebabkan kondisi Indonesia dalam masuk ke dalam kategori darurat. Merebaknya varian delta yang lebih cepat menular dari varian terdahulu disinyalir menjadi penyebab utama lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia pada bulan Juni kemarin. Pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat yang dimulai dari tanggal 3–26 Juli 2021. Pemerintah juga menghimbau jika memiliki keperluan mendesak wajib menjalankan protokol kesehatan 5M. Menurunkan resiko tertular virus Covid-19 masyarakat tidak hanya dihimbau untuk menerapkan prokes saja namun juga memperkuat imun dengan cara mengonsumsi makanan kaya akan gizi.

Kondisi tersebut mendorong salah satu mahasiswa Tim II KKN UNDIP Tahun 2020/2021 Ikko Puteri Aulia (Teknologi Hasil Perikanan 2018) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat RW 05 Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Banyumanik untuk gemar mengonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah ikan. Ikan merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin A, D, B6, B12, mineral, yodium dan zat besi. Adapula prokes yang sering dianggap sepele sebagai penurun resiko tertular Covid-19 yaitu mencuci tangan dengan sabun. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Walaupun terkesan sederhana, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun merupakan investasi kesehatan jangka panjang yang dapat mengurangi penularan penyakit, tidak hanya Covid-19 namun penyakit lain bisa dihindari dengan kebiasaan cuci tangan dengan sabun ini. Contoh penyakit yang dapat dihindari antara lain Diare, Hepatitis dan lain-lain.

Dalam kegiatan ini, Mahasiswa UNDIP ini membuat buku saku GEMARIKAN yang berisikan panduan tentang manfaat mengonsumsi ikan serta ciri-ciri ikan yang segar agar masyarakat mampu mempraktekannya saat membeli ikan di pasar maupun swalayan. Buku saku GEMARIKAN yang memilki 15 halaman ini dibuat dalam format E-book dan dibagikan melalui WhatsApp ke Group Whatsapp ibu-ibu PKK RT 02 RW 05 Keluarahan Ngesrep. Alasan pembagian E-book melalui Whatsapp karena guna menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah RW 05 dengan meminimalisir kunjungan secara langsung/offline. Selain buku saku, Ikko juga membuat poster GEMARIKAN dan poster cara mencuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh ibu-ibu PKK RT 02 RW 05. Ibu-ibu PKK yang sebagian besar merupakan Ibu Rumah Tangga merasa sangat terbantu dengan informasi yang diberikan karena dengan informasi tersebut para ibu rumah tangga dapat menyediakan makanan kaya akan gizi serta diharapkan mampu menumbuhkan kebiasan cuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan bagi masyarakat RT 02 RW 05 Kelurahan Ngesrep. Karena jika hidup bersih dan sehat tidak hanya menghindari kita dari virus Covid-19 tetapi juga dari penyakit-penyakit lain dan pastinya dengan hidup bersih rumahpun menjadi lebih nyaman.

Penulis : Ikko Puteri Aulia (26060118120025/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/Teknologi Hasil Perikanan)

DPL : Irawati, S.H, M.H

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN