Mohon tunggu...
ikke wardah
ikke wardah Mohon Tunggu... Wanita Tangguh

Menjadi TUA itu PASTI sedangkan menjadi DEWASA itu PILIHAN

Selanjutnya

Tutup

Politik

Bersatu untuk Roda Pemerintahan 2019

5 Mei 2019   00:08 Diperbarui: 5 Mei 2019   00:12 0 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh: Lukman Arifin

Pengamat Sosial dan Pemerintahan

Bangsa yang besar tercermin dari rakyatnya dalam menghargai sejarah para pahlawan. Pahlawan yang berkorban harta, keluarga hingga nyawa sebagai taruhan untuk tanah airnya. Tanpa harus mengetahui akan seperti apa kelak, namun mereka, para pahlawan percaya dengan jeri - payahnya pasti akan berbuah manis. Ya, kini kita merasakan hasil nan manis, usaha nan heroik dilakukan oleh para pahlawan bangsa ini.

Tak sedikit dari para pahlawan tidak dapat merasakan hingga hanya melihat, hasil jeri payah nan manis saat ini. Tak ada penjajahan, tak ada penindasan, hingga tak ada kerja paksa. Kami menikmati kemerdekaan saat ini. Sebuah bentuk perubahan yang sangat signifikan yang terjadi pada Bangsa ini. Ribuan rasa terima kasih selalu tertuju pada para pahlawan. Pahlawan yang beragam dari suku, agama, dan budaya namun memiliki pandangan pada satu tujuan bersama, bukan tujuan segelintir golongan.

Pilpres 2019 pun untuk kepentingan bersama bagi Bangsa Indonesia. Walaupun memiliki kandidat yang berbeda, namun mereka adalah putra terbaik Bangsa yang berkualitas. Meskipun memiliki cara dan gaya yang berbeda, namun memiliki satu tujuan untuk Indonesia lebih baik dan maju. Di dalam keberagaman suku, agama, dan budayanya, Bangsa Indonesia di kenal oleh dunia luar sebagai bangsa yang santun dan guyub (bersilaturahmi) yang mampu menjadi perekat bagi tanah air ini.

Keberanekaragam tentunya sedikit menimbulkan bunyi atau gesekan di dalam berinteraksi sosial dan bermasyarakat. Tentunya hal ini masih di dalam kadar yang wajar. Bak seperti susunan piring -- piring, sedikit tentu akan ada terdengar bunyi dari gesekan itu. Menjadi rakyat yang cerdas (smart people) pasti memiliki cara dan jalan yang terbaik dalam menyikapi sebuah gesekan yang ada, seperti dalam menunggu dan menanti hasil keputusan Pilpres 2019 tak lama lagi dari lembaga Indonesia yang sah. Tak perlu sibuk dalam menghasut, menghakimi siapa yang salah dan curang, menghasut kelompok untuk bertikai, hingga tak perlu lagi turun ke jalan untuk beradu otot dalam berdemo dan merusak fasilitas milik negara.

Inilah saatnya untuk menunjukan kualitas kita sebagai rakyat yang cerdas dalam menunggu hasil dan keputusan Pilpres 2019 dengan saling berlapang dada dan bersatu padu dalam menciptakan rasa aman bagi sesama. Rasa aman yang terjalin dalam bermasyarakat inilah yang akan mampu menguatkan persatuan. Saling memberikan rasa aman dalam persatuan ini yang akan mampu menghapus hasutan -- hasutan yang memecah belah. Siapapun yang memenagkan Pilpres 2019 nanti, mari kita bersatu sebagai rakyat yang cerdas dalam mendukung pemerintahan untuk Indonesia Maju dan Lebih Baik.