Mohon tunggu...
Ikhwanul Muslimin Abdullah
Ikhwanul Muslimin Abdullah Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Etika-etika dalam Kuliah Daring atau Online

11 Maret 2021   17:06 Diperbarui: 11 Maret 2021   17:12 135 2 0 Mohon Tunggu...

by Ikhwanul Muslimin Abdullah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sejak tahun 2019 masyarakat Indonesia berhadapan dengan pandemi virus Covid-19 atau yang dikenal dengan virus corona. Munculnya covid 19 membuat keadaan berubah secara drastis, semenjak adanya virus melanda di negeri ini, banyak berbagai kegiatan yang harusnya di kerjakan di kantor, harus di kerjakan di rumah. 

Hingga perkuliahan pun saat ini dilakukan secara daring/online dari rumah masing-masing. Hal tersebut tidak membuat mahasiswa dan mahasiswi tidak perlu patah semangat untuk menuntut ilmu. Karena UMY sendiri sudah mempunyai aplikasi yaitu, MyKlaas. 

Aplikasi ini berbasis online, yang sangat dapat membantu mahasiswa di musim pandemi saat ini untuk berlangsungnya perkuliahan. aplikasi ini sangat mudah sekali untuk di operasikan. 

Mahasiwa tidak perlu khawatir tidak bisa mengoperasikannya, karena di aplikasi tersebut sudah ada petunjuk-petunjuk untuk mengoperasikannya. Aplikasi MyKlaas di dalamnya juga di lengkapi berbagai banyak fitur, seperti yang kita kenal yaitu, Big Blue bottom. 

Aplikasi ini juga bisa menggunakan fitur kamera dan audio. dengan adanya aplikasi tersebut perkuliahan pun tetap berjalan dengan lancar. Dan hal harus di perhatikan saat perkulihan online dengan menggunakan Big Blue Botoom adalah, Etika. 

Etika sangatlah penting saat kuliah online sedang berlangsung karena bukan hanya kita ketemu dosen, tetapi kita bertemu juga dengan teman-teman kita. Oleh karena itu pentingnya kita menjaga Etika.

Apa aja etika dalam kuliah online ? Berikut beberapa point-point yaitu:

1. Memakai Pakaian yang sopan, Hal ini adalah bagian dari etika. Sebagai mahasiswa harus berpakain yang rapi saat kuliah daring berlangsung. Karena penampilan itu sangat-lah penting apalagi  saat bertemu dengan dosen dan mahasiswa lainnya. hindari memakai kaos-kaos oblong atau bolong, hal tersebut harus di perhatikan oleh seorang mahasiswa.

2. Masuk room tepat waktu, sebagai mahasiswa sudah sewajibnya datang tepat waktu. Hal ini sudah termasuk etika dalam kuliah online. Di UMY juga diberikan toleransi kepada mahasiswa yang terlambat atau masuk kelas online selama 15 menit, jika mahasiswa melebihi waktu yang sudah di tentukan, maka mahasiswa /mahasiswi di nyatakan tidak mengikuti perkuliahan.

3. Di larang Merokok saat kuliah sedang berlangsung, hal ini juga bagian dari etika. Karena sebagai seorang mahasiswa merokok saat kuliah daring sangatlah tidak sopan,.jika ingin merokok sebaiknya ketika kuliah sudah selesai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN